HETANEWS

Catat!! Bupati Pangonal Jalani Sidang Perdana pada 13 Desember

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Medan,hetanews.com- Setelah sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melimpahkan dan menyidangkan pihak swasta Efendy Sahputra alias Asiong, selaku penyuap, di Pengadilan Tipikor Medan, kini giliran Bupati Labuhanbatu non aktif, Pangonal Harahap selaku penerima suap yang bakal menjalani persidangan.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah dalam siaran persnya ke hetanews.com, Senin (3/12/2018).

Menurut Febri, dakwaan dan berkas perkara dengan terdakwa Pangonal Harahap, telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Medan, pada 29 November 2018 kemarin.

"Sesuai dengan penetapan hakim, rencana akan disidangkan pada tanggal 13 Desember 2018 di PN Medan," tukas Febri.

Terpisah, Humas PN Medan, Jamaluddin, membenarkan pihaknya sudah menerima berkas Pangonal Harahap dari penyidik KPK.

Baca juga: Dituntut 4 Tahun Bui, Terdakwa Penyuap Bupati Labuhanbatu Menangis Bacakan Pledoi

"PN Medan juga sudah menyiapkan majelis hakim untuk menangani perkara tersebut. Ketua majelis hakimnya, Pak Irwan Efendi, Feri Sormin dan Daniel Panjaitan masing-masing sebagai hakim anggota," beber Jamaluddin.

Untuk diketahui juga, saat ini Pangonal Harahap sudah dititipkan di Rutan Tanjunggusta Medan oleh KPK sejak beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, bahwa Pangonal Harahap menerima uang dari Efendy Sahputra alias Asiong (penuntutan terpisah) sebesar Rp38.882.050.000 dan SGD218.000 secara bertahap. Uang tersebut diduga merupakan fee proyek sejak tahun 2016, 2017 hingga 2018.

Sejumlah uang tersebut diserahkan bertahap melalui anak Pangonal Baikandi Harahap, Adik Ipar Pangonal Yazid Anshori dan stafnya Umar Ritonga yang masih diburon.

Penulis: dian. Editor: gun.