HETANEWS

Help Potrait Siantar: Kita Satu Kita Sama

Help Potrait Siantar berfoto bersama saat menggelar acara amal di panti asuhan. (foto/pamai)

Siantar, hetanews.com - Kota Pematangsiantar (sering disingkat Siantar saja) adalah salah satu daerah di Provinsi Sumatera Utara dan merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Medan. 

Kota Pematangsiantar yang hanya berjarak 128 Km dari Medan dan 50 Km dari Parapat juga menjadi kota perlintasan (transit) bagi wisatawan yang hendak ke Danau Toba. Sebagai kota penunjang pariwisata di daerah sekitarnya, di kota yang berhawa sejuk ini masih banyak terdapat sepeda motor antik produksi The Birmingham Small Arms Company Limited (BSA). Alat transportasi massal berbentuk becak mesin ini sekaligus menjadi icon kota tersebut. 

Di samping itu, kota ini juga menyimpan segudang potensi dan memiliki solidaritas yang tinggi. Seperti sekumpulan orang yang tergabung dalam  Help Potrait Siantar, lewat kegiatan amal yang dilaksanakan bersama anak-anak Panti Asuhan Zarfat yang berada di jalan lintas Siantar - Parapat Km 10 Bah Sampuran, Kabupaten Simalungun dan Panti Asuhan Kasih Filadelfia (Siantar), Minggu (2/12/2018). 

"Acara Help Potrait ini sendiri sudah berjalan selama 3 tahun berturut - turut atas ide kawan - kawan yang berasal dari berbagai profesi yang terkumpul dalam satu komunitas yang ada di Kota Pematangsiantar dengan agama yang berbeda untuk menjalin tali silahturahmi dan tetap menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin erat di kota ini. Kita satu, kita sama di hadapan Tuhan yang Maha Esa," ujar Lazuardy Fahmi yang lebih sering dipanggil Pamai. 

Pada kegiatan itu, puluhan Potografer, Hair stylist, Make up artist yang tergabung dalam Help Potrait mengambil peran dalam kegiatan ini. Sejumlah hairstylist, dan make up artist mendandani anak. Sementara potografer mengabadikan gambar anak yang selanjutnya dicetak dan diberikan kepada anak-anak tersebut. Sejumlah musisi Kota Pematangsiantar menghibur anak - anak panti asuhan.

Adapun acara yang dilaksanakan di antaranya makan bersama dengan anak - anak panti asuhan, sesi potret untuk anak - anak panti dan ibu pengasuh, bernyanyi bersama serta pembagian bingkisan dan hasil foto kepada anak - anak panti asuhan. 

"Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada para donatur, voluntir dan semua teman - teman yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang sudah membantu untuk mensukseskan acara Help Potrait 2018 ini dan acara ini akan berlangsung setiap tahunnya di tempat yang berbeda," ujar koordinator kegiatan, Juliana.

Kedatangan Help Potrait disambut haru dan bahagia penghuni panti asuhan. "Sangat senang kakak - kakak dan abang - abang sudah datang ke panti kita dan terimakasih kepada kakak dan abang - abang sudah membuat acara ini. Kami tidak menyangka acaranya semeriah ini dan doa kan kami sukses kedepannya," ujar Krissafat Gea, salah satu anak panti asuhan. 

Kunjungan Help Potrait tersebut menjadi kado Natal terindah bagi anak-anak panti. "Di bulan ini kado Natal pertama dan terindah dalam tahun ini dan terharu dalam kegiatan ini. Semoga kita diberikan kesehatan semua ujar," Diak Risma Sihombing, salah seorang pengasuh panti asuhan.

Puncak kegiatan diwarnai kesan haru. Beberapa relaean tampak menangis haru saat anak-anak panti bersalaman dan mengucapkan terimakasih.

Penulis: pamai. Editor: anto.