HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Wujudkan Kondusifitas Wilayah, Koramil 0815/06 Kemlagi Gelar Pembinaan Mitra Karib

Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi Saat Membuka Kegiatan, Sabtu (01/12/2018)

Mojokerto, - Dalam rangka memberdayakan Mitra Karib di wilayah, Koramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815 Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester II TA. 2018, Sabtu  (01/12/2018).

Kegiatan yang berlangsungg di Pendopo Kantor Kecamatan Kemlagi, Jalan Raya Kemlagi Nomor 308, Desa/Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,  mengusung tema “TNI AD Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Siap Menjaga & Mewujudkan Stabilitas Serta Ketahanan Wilayah Guna Mempererat Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Tetap Terjaganya Kedaulatan NKRI”.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI–Rakyat guna memperlancar dan mengoptimalkan tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah khususnya di Kemlagi.

“Keberadaan Mitra Karib ini memiliki peran penting dalam membantu pencapaian tugas pokok Koramil demi terciptanya situasi wilayah yang kondusif sehingga program-program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah baik pusat maupun daerah dapat terus berlangsung sesuai target atau sasaran yang diharapkan,” ungkapnya.

Masih kata Danramil, sebagai warga negara yang baik harus memiliki jiwa nasionalisme dan sikap patriotik untuk tetap menjaga keutuhan NKRI.  Di alam kemerdekaan ini, semua warga negara bisa mendedikasikan pengabdiannya sesuai profesi dan potensi masing-masing melalui kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi keluarga, lingkungan dan daerah.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, lanjutnya, kita harus bijak dan pandai memfilter berita-berita yang bernuansa SARA, ujaran kebencian, fitnah, provokasi dan lain-lain yang tujuannya hanya untuk memecah belah.  

“Kita harus solid, bersatu dan mengedepankan kepentingan nasional di atas kepentingan golongan atau pribadi dengan berpedoman pada Ideologi Pancasila, Konstitusi UUD 1945 dan NKRI Harga Mati serta semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya.

Sebelum acara berakhir, Danramil meminta bila ada permasalahan, kegiatan atau situasi agar segera diinformasikan dengan Perangkat Desa mulai RT, RW dan Kasun, akan tetapi bila diperlukan langsung ke Tiga Pilar Desa, yakni Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, untuk dikomunikasikan dan dikoordinasikan guna membantu mengatasi permasalahan, sehingga situasi wilayah tetap kondusif.

Hadir dalam kegiatan sekitar 67 orang, antara lain Ketua FKPPI Kecamatan Kemlagi, para Kades atau yang mewakili dari 20 Desa se-wilayah Kecamatan Kemlagi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Bati Staf dan Babinsa Koramil 0815/06 Kemlagi serta undangan lainnya.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: abn.