Samosir,hetanews.com- APBD Kabupaten Samosir TA 2019, disahkan sebesar Rp. 887.4 Milyar, setelah melalui berbagai tahapan proses penyusunan yang alot untuk menghasilkan mutu pembangunan yang berkualitas, di tahun 2019 mendatang.

Dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir,  Bupati Samosir, unsur pimpinan daerah, Sekdakab, para staf ahli, para asisten dan para pimpinan OPD, tokoh masyarakat, LSM, Ormas, Insan Pers dan undangan lainnya. 

Proses pengesahan APBD ini, berlangsung sejak tanggal 26  hingga 28 Nopember 2018, dalam rapat paripurna DPRD, di Gedung DPRD Kabupaten Samosir, komplek perkantoran Parbaba Kecamatan Pangururan yang menghasilkan beberapa tanggapan dan kesimpulan atas perumusan pendapat akhir  dari 7 fraksi, yaitu Fraksi PDIP, NasDem, Gerindra, Demokrat, Golkar, Hanura dan fraksi Kembangkitan Nasional. Yang kemudian menghasilkan rancangan keputusan bersama DPRD dengan Bupati Samosir atas Ranperda Samosir tentang APBD TA. 2019.

Adapun rincian APBD Samosir TA 2019 adalah pendapatan daerah Rp. 887,4 miliar, meliputi PAD, dana perimbangan dan lain - lain pendapatan daerah yang sah. Sedangkan belanja daerah Rp. 866,4 miliar, terdiri dari belanja tidak langsung Rp.506,3 miliar dan belanja langsung Rp.360,08 miliar.

Kemudian, pembiayaan daerah, meliputi penerimaan Rp. 5 miliar dan pengeluaran Rp. 26 miliar.

Dengan rincian, anggaran sebesar Rp.21 miliar surplus dipergunakan untuk pembiayaan netto Rp 21 miliar

Dalam sambutannya, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, mengucapkan terima kasih kepada  DPRD Samosir dan seluruh hadirin yang dengan serius mengikuti dari awal sampai akhir, seluruh rangkaian pembahasan APBD Samosir TA. 2019 yang berjalan dengan baik dan sukses.

"Dengan pandangan dan masukan serta kritik akhir fraksi memotivasi dan mendorong kami untuk lebih proaktif dan lebih semangat melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pada pariwisata dan pertanian,”ujar  Bupati Samosir.

Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa, menyertai dan membimbing kita dalam mengemban seluruh amanah yang dipercayakan masyarakat Samosir kepada kita untuk berbuat dan bertindak secara arif dan bijaksana sesuai tugas dan pengabdian kita. Samosir bangkit,  Samosir mandiri dan Samosir sejahtera, akhirnya.