Mon 17 Dec 2018
ADVERTORIAL

Sebagai Bentuk Komitmen, TPL Bangun Poskesdes di Desa Tangga Batu Satu

TPLL kembali memberikan kepeduliannya kepada dunia kesehatan, melalui program pembangunan gedung Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Pembangunan gedung Poskesdes ini, dilaksanakan di dusun Lumban Binanga, desa Tangga Batu 1, kecamatan Parmaksian, kabupaten Toba Samosir (Tobasa). (foto/aldy)

Tobasa,hetanews.com- PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL), kembali memberikan wujud kepeduliannya kepada dunia kesehatan, melalui program pembangunan gedung Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Pembangunan gedung Poskesdes ini, dilaksanakan di dusun Lumban Binanga, desa Tangga Batu 1, kecamatan Parmaksian, kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Kepala Desa Tangga Batu 1, Junner Sitorus, menyampaikan apresiasi atas perhatian TPL kepada masyarakat desa Tangga Batu 1, terutama di bidang kesehatan. “ Bangunan ini sangat baik sekali dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa Tangga Batu 1,”ujar Junner.

Junner juga menerangkan, sebelumnya masyarakat Tangga Batu 1 harus berjalan hingga 3 km menuju Puskesmas Parmaksian untuk memeriksakan kesehatannya.

Bangunan gedung Poskesdes dengan 7 ruangan ini berukuran 10,5 m x 12,5 dan akan dimanfaatkan 363 KK masyarakat Tangga Batu 1 untuk pelayanan kesehatan.

Ramida Siringoringo, Manajer Pemberdayaan Masyarakat TPL pada acara serah terima,  mengingatkan, bahwa kesehatan masyarakat menjadi perhatian utama dari perusahaan. 

“Gedung poskesdes ini salah satu bukti perhatian TPL terhadap kesehatan masyarakat”kata Ramida. Ramida juga berharap dengan adanya  Poskesdes  dapat memberikan dampak terukur dari masyarakat seperti jumlah masyarakat yang datang berobat.

Hal senada juga disampaikan Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar. “Kita berharap poskesdes ini akan mampu beroperasi maksimal untuk melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tangga batu 1,”ujar Paiman.

Junior Sitorus, salah seorang tokoh masyarakat desa Tangga Batu 1, mengaku bangga akan kehadiran bantuan Poskesdes.  “ Semenjak kecamatan Parmaksian berdiri 13 tahun yang lalu, baru ini desa Tangga Batu 1 punya poskesdes,” ujar Junior.

Sementara Sekretaris Tim Independen Dana CD TPL, Hasudungan Butarbutar yang turut dalam acara serah terima menjelaskan bagaimana sejarah perjalanan dana CD TPL yang dulunya dikelola oleh yayasan pengelola hingga saat ini dikelola oleh TPL langsung. “Dahulu memang dikelola oleh yayasan, namun sekarang sudah ada UU no 40 tahun 2007 yang mengatur dana tanggung jawab perusahaan harus dikelola perusahaan itu sendiri, itu dasar hukumnya,” terang Hasudungan. Namun Hasudungan juga mengatakan, bahwa butuh waktu untuk melihat dari efek dana CD yang dikelola langsung oleh perusahaan. “ Semua butuh proses, namun ini salah satu bentuk nyata dari penyaluran dana CD TPL itu sendiri,” jelas Hasudungan.

Bantuan bangunan Poskesdes ini, merupakan bentuk kegiatan sosial TPL dalam bidang kesehatan di tahun 2018, setelah sebelumnya TPL juga melaksanakan program pemeriksaan kesehatan gratis bagi 1047 masyarakat Parmaksian, pemberian makanan tambahan bagi anak PAUD di Parmaksian, pembangunan toilet dan bantuan upgrading Puskesmas Parmaksian dalam rangka akreditasi. 

Penulis: aldy. Editor: gun.