Mon 17 Dec 2018
ADVERTORIAL

TPL Bersama Masyarakat Tanam Padi, Pola Panen 2 Kali 1 Tahun

PT TPL bersama masyarakat, melaksanakan program penanaman padi perdana untuk pola panen 2 kali dalam setahun. (foto/aldy)

Tobasa,hetanews.com- Sebagai bentuk dukungan PT Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL) terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, di sekitar wilayah  operasionalnya, pihak TPL bersama masyarakat, melaksanakan program  penanaman padi perdana untuk pola panen 2 kali dalam setahun.

Kali ini, PT TPL melaksanakan kegiatan bersama masyarakat  Desa Banjar Ganjang, Kecamatan Parmaksian,  Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Hotmanogi Lumbangaol, mewakili Camat Parmaksian, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang didukung oleh TPL ini.

Dia menerangkan, bahwa di Kecamatan Parmaksian hanya melakukan panen padi 1 kali dalam 1 tahun. “ Sawah disini hanya ditanam dan dipanen 1 kali setahun, jadi sawah akan menganggur selama musim kemarau,”terang Hotmanogi.

Staff Pemberdayaan Masyarakat TPL, Meriah Tinambunan,  menjelaskan, dengan menyalurkan bantuan seperti irigasi sawah, pemberian bibit padi unggul dan pelatihan petani dengan sistem jajar legowo. “Bantuan yang diberikan TPL, merupakan bukti dari kepedulian TPL terhadap perekonomian masyrakat sekitar,” kata Meriah.

Sementara Kepala Dusun Parbulu, Dani Manurung, menyambut baik dan berterima kasih atas perhatian TPL kepada Dusun Parbulu. Bahwa saat ini masyarakat Parbulu sudah dapat menikmati air untuk persawahan secara kontinu.

“Kegiatan ini sangat baik, sawah Dusun Parbulu sudah bisa menikmati air untuk persawahan secara terus menerus dari areal TPL,”ujar Dani.

Dia berharap, program panen 2 kali setahun ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Rata - rata masyarakat Parbulu memiliki lahan seluas 1 rante, jika mampu panen 2 kali setahun berarti penghasilan sudah 2 kali lipat,”kata Dani.

Saat ini masyarakat Dusun Parbulu, mampu menghasilkan 25 kaleng padi dari setiap rante (20 m x 20 m), dengan harga setiap kaleng padi berkisar antara Rp 70 ribu hinga Rp 80 ribu.  

Penulis: aldy. Editor: gun.