HETANEWS

Kabupaten Karo, Pusat HKN ke 54 Tingkat Provsu

Penyerahan Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan kepada masyarakat secara simbolis yang diterima Bupati Karo, Terkelin Brahmana. (foto/charles)

Karo,hetanews.com- Jajaran lintas kesehatan se-Provinsi Sumatera Utara, Senin (26/11/2018),.merayakan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 tahun 2018,  yang digelar di Taman Mejuah-juah, Berastagi, Kabupaten Karo.

Pada puncak acara dengan Thema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” ini akan diselenggarakan selama dua hari, Senin-Selasa (26-27/2018).

Memeriahkan 54 tahun HKN, akan dirangkai dengan berbagai kegiatan perlombaan seperti, senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), pameran kesehatan, penyerahan kartu BPJS, deklarasi stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Desa se-Kecamatan Tigabinanga, Desa se-Kecamatan Berastagi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pemprovsu, Agustama, dalam laporannya. Yang mana jenis pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Karo meliputi, pelayanan pengobatan, pelayanan pemeriksaan kadar gula, darah, asam urat, kolesterol, pemeriksaan mata, pemberian kaca mata gratis sebanyak 300 pcs dan sisanya sebanyak 30 pcs akan dibagikan di Kecamatan Juhar, Tiganderket dan Kecamatan Lau Baleng.

“Selain itu, pelayanan pemeriksaan Tes Iva bagi 450 masyarakat yang tersebar di tiga kecamatan. Pemeriksaan spirometri sebanyak 200 orang, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan jiwa, pelayanan kesehatan tradisional, pemeriksaan kualitas udara dan donor darah,”ujar Kadis Kesehatan Pemprovsu.

Menanggapi itu, Bupati Karo, Terkelin Brahmana, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur atas terpilihnya Kabupaten Karo sebagai tempat terselenggaranya HKN ke-54 yang diwakili Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Pemrovsu,  Asren Nasution.

Dengan adanya program Nasional ini yang diprakarsai Presiden RI. Joko Widodo, tambah Bupati, merupakan penguatan pembangunan kesehatan untuk mendukung perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat. Untuk itu, Dinas Kesehatan Pemrovsu melalui Dinas Kesehatan Karo, bersinergi menyelenggarakan puncak kegiatan, sehingga dapat berjalan lancar, sukses dan terlaksana dengan baik.  

“Saya berharap agar kedepannya komunikasi terus terjalin agar bisa bersinergi dan bekerjasama lagi untuk kepentingan masyarakat khususnya Karo,”katanya.

Sementara Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Pemrovsu,  Asren Nasution, mengatakan, program kesehatan tahun ini yang mengambil Thema “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita”, merupakan slogan yang harus kita gaung dan laksanakan sebagai insan kesehatan. “Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di negeri ini, ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri seluruh Kepala SKPD dan Camat jajaran Pemkab Karo yang ditandai dengan penyerahan Kartu Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan kepada masyarakat secara simbolis dan bergiliran.

Penulis: charles. Editor: gun.