HETANEWS

Satpol Air Tanjungbalai Hadang Nelayan di Tengah Laut dan Diajak Bakombur

Satpol Air Polres Tanjungbalai bersama nelayan. (foto/ferry)

Tanjungbalai,hetanews.com- Ada saja cara yang dilakukan oleh aparat penegak hukum untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, demi menjaga kekondusifan menjelang Pilpres dan Pileg 2019.

Salah satunya yang dilakukan oleh Satpol Air Polres Tanjungbalai ini.  

Ditengah  melaksanakan kegiatan tugas patroli perairan dengan menggunakan sarana kapal patroli KP II -2027,  para personil ini menyambangi dan memanggil para nelayan tradisional yang datang dari laut, usai  mencari ikan untuk duduk dan bincang bersama, di tengah laut. 

Istilah di Tanjungbalai ini "Silaturahmi bakombur - kombur dan bacakap - cakap dengan nelayan di tengah laut,"ungkap Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, didampingi Kasat Polair, AKP Agung Basuni, Jumat (23/11/2018). 

Dalam kegiatan tersebut, petugas patroli melaksanakan pendekatan dialogis kepada nelayan dengan berbincang bincang terkait kondisi cuaca, menggali informasi  serta menanyakan kendala - kendala yang dialami atau dijumpai oleh nelayan, di tengah laut pada saat mencari ikan, ucap Irfan. 

Selain itu, petugas patroli juga menyampaikan pesan pesan Kamtibmas, agar para nelayan tetap memelihara dan menjaga kerukunan antar nelayan, mengutamakan keselamatan dalam berlayar, dan tidak menggunakan alat tangkap yang dilarang pemerintah.

Selain itu, petugas patroli ini juga berpesan kepada nelayan ini, agar ikut menjaga ekosistem laut dan memerangi penyelundupan dan narkoba yang masuk ke wilayah Indonesia serta  menjadi mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas, di perairan. 

Kegiatan silaturahmi ditengah laut ini disambut dengan baik oleh masyarakat nelayan karena dengan keberadaan polisi, di tengah laut, membuat masyarakat nelayan menjadi aman dan mudah berkoordinasi, apabila ada informasi maupun kejadian tindak pidana di perairan,  ucap salah seorang nelayan. 

Selain di tengah laut, personil Sat Polair juga menyambangi kampung nelayan yang terletak di pinggiran aliran sungai dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. 

Penulis: ferry. Editor: gun.