HETANEWS

PT TPL Serahkan Bantuan Gedung PAUD Sihaporas dan Membangun Rabat Beton Jalan Desa

Senior Manajer Humas PT TPL, Tagor Manik saat memulai kegiatan gotong royong, membangun rabat beton jalan desa Sihaporas. (foto/aldy)

Simalungun,hetanews.com- Sebagai komitmen untuk niat baik dan kepedulian terhadap dunia pendidikan, PT Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL), menyerahkan bantuan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (19/11/2018), lalu, di nagori (desa) Sihaporas, kecamatan Pematang Sidamanik, kabupaten Simalungun.

Serah terima bantuan gedung PAUD Sihaporas ini, dilaksanakan oleh Senior Manajer Humas PT TPL, Tagor Manik, Manajer PT TPL estate Aek Nauli, Natanail Tarigan, Manajer Humas PT TPL estate Aek Nauli, Bahara Sibuea, kepada Pangulu (Kepala Desa) nagori Sihaporas, Jaulahana Ambarita yang disaksikan oleh Camat Pematang Sidamanik, Janifarida Damanik.

Jaulahana Ambarita, mengungkapkan, bahwa masyarakat senang dengan dibangunnya gedung PAUD Sihaporas ini.

"Saya terharu karena banyak warga yang antusias datang ke acara serah terima ini. Kami apresiasi terhadap pendidikan di nagori Sihaporas. Anak-anak usia dini selama ini tidak memiliki gedung PAUD. Jadi kami bangga sekarang anak-anak usia dini, bisa mulai belajar sejak dini," ujar Jaulahana.

Dia berharap akan lahir generasi-generasi penerus bangsa yang akan membanggakan nagori Sihaporas melalui PAUD Sihaporas.

"Semoga akan lahir orang-orang hebat di negara ini dari Sihaporas," ujar Jaulahana.

Hal senada diungkapkan Camat Pematang Sidamanik, Janifarida Damanik.

"Kami bahagia dan bangga karena pada hari ini nagori Sihaporas akhirnya memiliki gedung PAUD. Para orang tua dan anak-anak di Sihaporas, pastinya sudah tidak sabar untuk anak-anaknya bersekolah pada hari pertama. Kami juga berharap warga bisa merawat gedung PAUD Sihaporas ini sehingga bisa digunakan seterusnya," ujar Janifarida Damanik.

Kepala UPT KPH Wilayah II Pematangsiantar, Joner Sipahutar, dalam kata sambutannya yang diwakili Maehendra Sipayung, mengapresiasi niat baik dan kepedulian perusahaan terhadap warga Sihaporas.

"Kiranya anak-anak yang nanti akan akan belajar di PAUD Sihaporas ini akan ada anak-anak yang berprestasi dan membawa nama baik Nagori Sihaporas," ujar Maehendra Sipayung.

Tagor Manik mewakili manajemen PT TPL mengatakan, "Mari kita dukung pembangunan, khususnya di bidang pendidikan di nagori Sihaporas ini. Kami berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Masyarakat di Sihaporas harus bisa berkembang dengan keberadaan perusahaan,"ujar Tagor. 

Bangunan PAUD Sihaporas ini, memiliki panjang 10,5 meter dan lebar 6,5 meter. Bangunan PAUD Sihaporas yang dilengkapi satu unit toilet ini, dikerjakan selama empat bulan dan menelan biaya Rp90 juta.

Nagori Sihaporas, merupakan salah satu nagori (desa) yang bersebelahan langsung dengan PT TPL estate Aek Nauli.

Pada kesempatan yang sama, masyarakat Sihaporas dan pekerja PT TPL estate Aek Nauli, memulai kegiatan gotong royong dengan membangun rabat beton jalan desa Sihaporas.

Kegiatan gotong royong juga ditandai dengan peletakan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan rabat beton jalan desa sepanjang 50 meter dengan menggunakan pasir, batu dan semen.

"Gotong royong ini juga akan dilanjutkan di hari-hari berikutnya dengan menghadirkan alat berat bomak untuk meratakan jalan yang masih berkontur tanah yang nantinya ditimbun dengan pasir, batu, dan semen  sebanyak 50 meter kubik. Kami menargetkan pengerjaan rabat beton jalan desa ini selesai sebelum hari Natal bulan depan," ujar Manajer Humas PT TPL estate Aek Nauli, Bahara Sibuea.

Pangulu nagori Sihaporas, Jaulahana Ambarita, menyambut baik hubungan yang harmonis antara masyarakat Sihaporas dengan pihak perusahaan.

"Kami berterimakasih kepada pihak perusahaan yang telah merespon cepat permintaan warga kami agar jalan desa bisa diratakan. Jalan desa ini agar menjadi lebih baik sehingga warga bisa mengantar anak-anaknya sekolah, dan mengantar hasil panen dari sawah atau ladangnya lebih aman dan tidak takut terjatuh dari kendaraan sepeda motor, terutama pada saat musim hujan," ujar Jaulahana.

Jaulahana menambahkan, bahwa jalan desa ini juga memudahkan warga, khususnya di bulan Desember karena banyak warga Sihaporas yang keluarga dan saudaranya pulang kampung untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru.

Penulis: aldy. Editor: gun.