HETANEWS.COM

Meski Diminta Dihentikan, Pembangunan Tugu Sang Naualuh masih Berlanjut

Lokasi pembangunan tugu Raja Sang Naualuh Damanik, di Lapangan H Adam Malik Siantar. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Meski diminta untuk diberhentikan, pembangunan pelataran dan landasan, tempat berdirinya patung Raja Sang Naualuh Damanik, di lapangan H Adam Malik masih tetap berlangsung.

Pembangunan tugu Raja Sang Naualuh Damanik ini, direncanakan selama dua tahap. Pada tahun 2018, dilakukan pembangunan pondasi. Untuk pembangunan tahap kedua, direncanakan tahun 2019, yakni pembuatan dan pemasangan patung.

Adapun sumber dana pembangunan tugu Raja Sang Naualuh Damanik, untuk pembangunan tahap pertama, bersumber dari APBD TA 2018 dengan pagu anggaran senilai Rp.3 Milyar. Untuk tahap kedua, juga direncanakan masuk dalam APBD TA 2019.

Kegiatan pembangunan tugu ini dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Meski demikian, belakangan diketahui, kegiatan pengerjaan proyek tahap awal ini menghabiskan anggaran di bawah pagu yang ditetapkan.

Dilansir dari website Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Siantar, pembangunan tugu Sang Naualuh dengan kategori pekerjaan konstruksi senilai Rp.1,8 Milyar. Sementara, sisa Rp.1,2 Milyar dari pagu anggaran yang ditetapkan belum diketahui.

Baca juga: Ini Penjelasan Difi Sang Nuan Damanik Mengenai Lokasi Tugu Sang Naualuh di Lapangan Adam Malik

Hal ini juga terungkap saat rapat Dinas PUPR bersama DPRD dalam rapat pembahasan P-APBD 2018, yang berlangsung belum lama ini, di gedung DPRD Siantar. Saat itu, Plt Kadis PUPR, Jhonson Tambunan, turut hadir dalam rapat.

Meski sudah diminta untuk diberhentikan sementara, proyek pembangunan tugu Raja Sang Naualuh Damanik, di Lapangan H Adam Malik itu, tampak masih terus berlangsung. Kegiatan proyek ini dimulai setelah peletakan batu pertama, pada 10 November 2018. 

Amatan di lokasi, Kamis (22/11/2018), sejumlah pekerja dilokasi masih terus beraktifitas menggali tanah untuk pondasi. Sementara di lokasi proyek, ditutupi seng setinggi kurang lebih 3 meter. 

Untuk saat ini, akses menuju lapangan Adam Malik dari pintu masuk cukup terganggu, dikarenakan adanya pembangunan tugu tersebut. 

Penulis: huget. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan