HETANEWS

Si Opung Bersyukur Dibui 3 Bulan 15 Hari

Terdakwa dipegang tahanan lainnya saat akan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Mangalan Sinaga yang sudah berusia lanjut (70), mengucap syukur dengan mengudap wajahnya setelah hakim memvonisnya 3 bulan 15 hari di sidang PN Simalungun, Kamis (22/11/2018). Warga Jalan Sangnawaluh, Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Naggar ini dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 351 (2) KUHP.

Sebelumnya jaksa Ade Jaya Ismanto SH menuntut pidana penjara selama 4 bulan. Dengan vonis 3 bulan 15 hari tersebut, si opung dalam waktu beberapa hari lagi sudah bisa menikmati udara bebas.

Si Opung ini sudah dipapah saat keluar dari ruang sidang, karena jalan saja sudah sempoyongan.  Terdakwa  telah terbukti membacok saksi korban Poltak Sihombing di rumah terdakwa dengan parang. Akibatnya saksi korban tersungkur dengan darah sudah berlumuran. 

Tak hanya itu, terdakwa juga mengambil martil dan memukulkannya sebanyak 3 kali pada bagian wajah dan perut. Lalu terdakwa menarik korban ke arah pintu dengan menjolok-jolokkan sapu ke bagian tubuh korban yang sudah tak berdaya. 

Saat itu, seorang warga yang melintas dan langsung memanggil warga lainnya. Massa membawa korban ke rumah sakit Laras. Perbuatan itu dilakukan terdakwa pada Selasa, 14 Agustus 2018. 

Terjadinya penganiayaan bermula antara saksi korban dan terdakwa yang sudah bertengkar mulut pada sore hari di warung tuak milik Ojak Sihaloho. Namun pertengkaran itu dilerai, terdakwa dan saksi korban disuruh pulang ke rumah masing-masing.

Merasa kurang puas, saksi korban mendatangi terdakwa di rumahnya dan langsung masuk. Saksi korban tanpa banyak tanya mendorong terdakwa hingga terjatuh. Terdakwa emosi dan langsung mengambil parang yang ada di bawah meja dan menikam saksi korban.

Korban selamat, dan keduanya sudah berdamai. 

Penulis: ay. Editor: anto.