HETANEWS

Launching PANTES, Wabup Sergai: Dari Dilayani jadi Melayani

Wabup, Darma Wijaya saat memberikan sambutan, di acara launching PANTES. (foto/sutrisno)

Sergai,hetanews.com- Peranan kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dituntut untuk meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik dari cara-cara sebelumnya.

Bahwa paradigma pelayanan publik, dirubah dari dilayani menjadi melayani. Tanggung jawab melayani masyarakat atau pelayanan publik, diwujudkan oleh kepala desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinyan secara formal yang bersifat wajib.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Sergai, H Darma Wijaya saat memberikan sambutannya, di acara launching dan uji coba Pelayanan Administrasi Terpadu Desa (PANTES), di Kantor Desa Sei Buluh, Kecamatan Sei Bamban, Sergai, Senin (19/11/2018) siang tadi.

Dengan adanya penerapan PANTES ini, diharapkan pemerintahan desa dapat meningkatkan pelayanan bagi warga masyarakat, seperti pelayanan perizinan maupun non perizinan.

Adapun jenis-jenis pelayanan administrasi terpadu desa antara lain, pertama registrasi surat keterangan tanah, surat keterangan ahli waris, surat keterangan miskin dan surat administrasi lainnya, ujar Wabup.

Sementara Kadis PMD, Dimas Kurnianto, melaporkan, bahwa kegiatan ini digelar dengan maksud membantu pemerintahan desa dalam meningkatkan pelayanan publik bagi warga, guna mempercepat perwujudan kesejahteraan umum. Sedangkan tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan pelayanan administrasi terpadu desa yang ultima, mandiri dan paripurna dengan didukung teknologi serta SDM yang kompeten.

Pelayanan ini juga diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat diantaranya cepat, mudah, tepat waktu dalam mendapatkan pelayanan administrasi desa. Sedangkan bagi pemerintah desa terwujudnya pelayanan administrasi terpadu di tingkat desa, kata Dimas.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.