HETANEWS.COM

Pengacara Tak Bisa Bersidang Jika Tak Terdaftar E Court

Ketua PN Simalungun, Jon Sarman Saragih (tengah), foto bersama dengan seluruh peserta sosialisasi e-court. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Pengadilan Negeri (PN) Simalungun gelar sosialisasi e-court (peradilan dengan sistem elektronik. E-court memperlancar proses perkara sesuai azas peradilan yang sederhana, biaya ringan dan cepat.

Demikian dikatakan sekretaris PN Simalungun, Esron Ginting kepada wartawan, Senin (19/11/2018) di kantornya Jalan Asahan Km 4,5. Sosialisasi tersebut diikuti lebih dari 20 pengacara yang berlangsung di ruang sidang utama, kemarin.

Menurut Ketua PN Simalungun, Jon Sarmn Saragih, SH., M.Hum, pelaksanaan sosialisasi e-court sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 3 Tahun 2018 Tentang Pedoman Administrasi Perkara di pengadilan secara elektronik. 
              
E-court mengatur sistem pelayanan administrasi perkara, pendaftataran administrasi perkara, pembayaran biaya  perkara, pemanggilan para pihak, pemberitahun putusan dan tata kelola administrasi yang seluruhnya dilaksanakan secara elektronik khusus untuk penanganan perkara perdata. 

"Bagi seluruh pengacara harus terdaftar sebagai pengguna e-court dan jika tidak maka pengacara tersebut tidak boleh lagi beracara dalam kasus perdata," sebut Ginting. 
                  
Turut hadir pada sosialisasi tersebut pengurus dan anggota Peradi Siantar-Simalungun diketuai Luhut Sitinjak, SH., Wakil Ketua PN Simalungun, A. Hadi Nasution, SH., MH., para hakim dan seluruh panitera pengganti, panitera, sekretaris dan dari perbankan Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Penulis: ay. Editor: anto.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan