HETANEWS

42 Penderita HIV di Tebingtinggi Harus Mendapatkan Perhatian Bersama

Walikota Tebingtinggi, H. Umar Zunaidi Hasibuan bersama drg. Wara Pratiwi dari Kemenkes RI menjadi narasumber dalam Sosialisasi Germas di Tebingtinggi yang juga diisi dengan talk show dipandu Kadis Kesehatan dr. H. Nanang Fitra Aulia, Sp.PK. (foto/rps)

Tebingtinggi, hetanews.com - Sebanyak 42 penderita HIV terdapat di Kota Tebingtinggi. Dari jumlah itu 14 orang berasal dari luar daerah. Mereka ini butuh perhatian bersama.

Hal ini disampaikan Walikota Tebingtinggi, H. Umar Zunaidi Hasibuan pada sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan Kemenkes RI di Kota Tebingtinggi dan dihadiri drg. Wara Pratiwi, MA., mewakili Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI di Gedung Balai Pertemuan Kartini Jalan Imam Bonjol, Kota Tebingtinggi, Kamis (15/11/2018).

Umar Zunaidi turut menyampaikan bahwa di Kota Tebingtinggi juga terdapat anak stunting yang jumlahnya mencapai 187 orang. Penyebab utamanya adalah kurang mendapat perawatan yang baik dari orang tuanya dan ini juga menjadi bagian perhatian dari Pemko Tebingtinggi.

“Selain hal tersebut, saat ini terjadi pergeseran kematian dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular, meskipun umur harapan hidup di Tebingtinggi naik menjadi 70,2 tahun dan tentunya ini juga terkait dengan masalah hidup sehat di masyarakat,” ujarnya.

Menurut Umar Zunaidi, Pemko Tebingtinggi juga sudah mengarahkan masyarakat untuk mengonsumsi makanan seperti sayur-sayuran organik bahkan beras organik, serta telah mempersiapkan Kelurahan Lubuk Raya sebagai lahan pertanian dan tanaman pangan organik.

“Tanaman sayuran hidroponik dijadikan salah satu bagian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bagian lainnya adalah melakukan penataan lingkungan dengan gotong royong bersama dan juga melakukan penghijauan dengan menanam aneka pepohonan,” imbuhnya.


Kegiatan juga dirangkai pelantikan pengurus Forum Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (F.PKPR) oleh Walikota Tebingtinggi dengan susunan pengurus antara lain, Ketua Iwa Taruna dan Sekretaris Zulwina Hafzaran.

Penulis: rps. Editor: anto.