HETANEWS

Alas Hak Lahan Pasar Horas Diyakini Disimpan Pejabat

Gedung Pasar Horas. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Pasar Horas yang dikelolah Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ), diketahui selama ini adalah aset Pemko Siantar. Gedung dan lahan pasar tradisional itu pun dikuasai dan dikelola oleh Pemko Siantar.

Meski sudah bertahun - tahun dikelola oleh Pemko Siantar, ternyata lahan Pasar Horas itu tidak memiliki alas hak. Hal itu diketahui, setelah adanya gugatan perkara perdata atas nama Linawaty yang melakukan gugatan, dengan bukti surat atas sebahagian lahan Pasar Horas tersebut.

Pemko Siantar selama persidangan gugatan perkara perdata No No:38/Pdt.G/2018/PN-Pms, di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, bersama PDPDHJ dan BPN Siantar, sebagai tergugat II dan III pun tidak dapat membuktikan adanya surat kepemilikan, atau alas hak tersebut.

Terkait kepemilikan aset itu, Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan BPN Siantar, Herwansyah, yang diwawancarai Agustus 2018 lalu, mengakui bahwa lahan Pasar Horas itu juga belum bersertifikat.

"Itu juga belum bersertifikat,"ujarnya seraya menambahkan, bahwa BPN Kota Siantar turut tergugat dalam sengketa tersebut.

Dilain sisi, dalam persidangan Selasa siang kemarin, Majelis Hakim menetapkan jadwal persidangan lanjutan, pada 27 November 2018 yang akan datang, dengan agenda sidang konklusi. 

Baca juga: Kuasa Hukum: Perkara Buat Pemko Siantar Berbenah, Taat Aturan

Menanggapi itu, Pemko Siantar melalui Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Herry Oktarizal, mengaku optimis mempertahankan hak Pemko Siantar atas lahan tersebut, sesuai hukum yang berlaku.

"Perlu kami sampaikan, bahwa Pemko Siantar  telah menguasai dan mengusahai Pasar Horas sejak Pemko dibentuk, setiap perkara persidangan menjadi evaluasi bagi Pemko," kata Oktarizal, Rabu (14/11/2018).

Bahkan dirinya memastikan, terdapat alas hak atas lahan Pasar Horas yang disimpan pejabat sebelumnya.

"Pasti  terdapat alas hak atas tanah tersebut, yang disimpan oleh pejabat - pejabat  sebelumnya, dan terhadap perkara tersebut, kami bersungguh - sungguh melakukan perbaikan-perbaikan," ujarnya mengakhiri.

Penulis: gee. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.