HETANEWS

Ini disampaikan Sekda di Bursa Inovasi Desa Kabupaten Asahan

Sekda Kabupataen Asahan saat meninjau kegiatan bursa inovasi desa di gedung serbaguna Kisaran. (foto/heru)

Asahan,hetanews.com- Memacu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menyelenggarakan acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Asahan 2018,  Selasa (13/11/2018), di Gedung Serbaguna Kisaran.

Ketua Panitia, Agus Syamsuddin yang juga PPID Kecamatan Rawang Panca Arga, saat menyampaikan laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa yang berguna  meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Asahan, Taufa Gama Simatupang, dalam pidato yang dibacakan Sekretaris Daerah, Taufik Zainal Abidin Siregar  mengatakan,  bahwa untuk  dana desa tahun 2018 , pada 177 desa di Kabupaten Asahan sebesar Rp126,6 Miliar lebih hingga Pemkab Asahan menyambut baik program inovasi ini. 

"Untuk membangun desa secara berkualitas, maka sarana pencapaian target inovasi desa dibidang kewirausahaan dan pembangunan ekonomi lokal, bidang sumber daya manusia serta bidang infrastruktur harus terus didorong, “ungkap Sekda. 

Masih katanya, berkembangnya usaha ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa, Badan Usaha Milik Antar Desa, Badan Usaha Milik Desa Bersama dan produk unggulan desa. 

Namun sekda juga meninggatkan agar bidang sumber daya manusia terus ditingkatkan yaitu pelayanan Posyandu, PAUD dan kapasitas pengurus BUM, produk unggulan desa (prudes) dan produk unggulan kawasan perdesaan.

"Kita juga mengingatkan pada bidang  infrastruktur, dengan meningkatnya embung desa atau bangunan penampung air lainnya dan sarana olahraga desa, dapat terus ditingkatkan,"ujar Sekda.

Selanjutnya acara diisi dengan melakukan peninjauan ke tempat bursa inovasi desa yang telah tersedia dilokasi gedung serbaguna oleh  Sekdakab Asahan, OPD, Pengurus TP PKK Kabupaten Asahan, Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan badan permusyawaratan desa yang hadir .

Penulis: heru. Editor: gun.