HETANEWS

Ditangkap Polisi Usai Belanja Sabu Rp1,3 Juta

Terdakwa digiring jaksa usai persidangan. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com-Budi Satria (25) ditangkap anggota Satnarkoba Polres Simalungun pada Kamis, 28 Juni 2018. Warga Kampung Bah Bolon Nagori Dolok Ilir I Kecamatan Bandar Huluan ini baru saja membeli sabu seharga Rp1,3 juta.

Demikian dakwaan jaksa Hiras Afandy Silaban yang dibacakan dalam persidangan, Selasa (13/11/2018). Sabu seberat 2,28 gram itu dibeli dari Ogek (DPO) di Simpang Dolok  Merangin  dekat kedai batu atas perintah Dona (DPO).

Berawal saat terdakwa berada di rumah Dona dan berencana akan menggunakan sabu. Lalu Dona menyuruh terdakwa belanja sabu sambil menyerahkan uang Rp1,3 juta. Terdakwa berangkat ke simpang Dolok Merangir naik angkot PMS setelah menghubungi Ogek.

Usai menerima sabu dari Ogek, terdakwa kembali menemui Dona di Simpang Mangga. Saat jalan menemui Dona, turun polisi dari mobil minibus hitam. Dona teriak kepada terdakwa "Lari...lari", Dona dan terdakwa lari. 

Sabu yang ada pada terdakwa Budi sempat disimpan di balik goni di perladangan ubi. Terdakwa masuk ke rumah warga dan sembunyi. Tak lama, datang kepala dusun bernama Asmat bersama polisi dan menangkap Budi. Lalu Budi disuruh menunjukkan sabu yang disimpannya.

Jaksa menjerat terdakwa dengan Pasal 114, Pasal 112 dan Pasal 127 UU RI No.35/2009 tentang narkotika. Berhubung para saksi belum hadir, majelis hakim pimpinan A. Hadi Nasution, SH., MH., menunda persidangan hingga sepekan.

Penulis: ay. Editor: anto.