HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Kasdim 0815 Mojokerto Dampingi Dirjen PKH Kementan RI Safari Panen Jagung

Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos Bersama kadistan Kabupaten Mojokerto Dampingi Dirjen PKH Safari Panen Jagung Di lahan Poktan Tani Mulyo Dlanggu, Sabtu (10/11/2018)

Mojokerto, - Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos bersama Kadistan Kabupaten Mojokerto Ir. Suliestyowati, MM mendampingi Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian(Kementan)  RI drh. I Ketut Diarmita, dalam kegiatan Safari Panen Jagung, di lahan Poktan Tani Mulyo Desa Kedunglengkong Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (10/11/2018).

Dalam pengantarnya Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mojokerto Ir. Suliestyowati, MM, diantaranya, lahan Poktan Tani Mulyo Dusun Lengkong Desa Kedunglengkong, Dlanggu yang diketuai Mohammad Duhri ditanami jagung varietas BISI-18.  

“Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan Kodim 0815 dan Bulog Surabaya Selatan yang berkedudukan di Mojokerto berupaya untuk menstabikan harga jagung sehingga saat panen dapat terserap dan petani tidak dirugikan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kadistan mengusulkan agar jalan ke area persawahan ini diajukan menjadi jalan usaha tani (JUT) dan dicor.  Pihaknya juga meminta Poktan supaya merewat alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan Kementan RI sehingga masa pakainya lebih panjang.

Sementara Dirjen PKH Kementan RI, drh. I Ketut Diarmita, dalam sambutannya, mengatakan, bahwa dirinya mendapat tugas dari Kementerian Pertanian RI di Jakarta untuk melaksanakan Safar Panen Jagung di Jawa Timur.

“Terima kasih atas produksi jagung yang dihasilkan Poktan Tani Mulyo, dan tetap semangat untuk meningkatkan produksi. Ke depan diharapkan produksi pangan akan terus mengalami peningkatan, untuk itu para petani harus mengembangkan ketahanan pangan,” ucapnya.

Masih tuturnya, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Bulog dan industri pakan menyalurkan bantuan jagung untuk pakan ternak.  Penyaluran jagung untuk pakan ternak ini untuk memotong jalur distribusi pakan ternak.  “Pihaknya juga harus turun ke lapangan secara langsung untuk memastikan bantuan yang diterima para peternak,” ungkapnya.

Masih di lokasi kegiatan, Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, saat dimintai pendapatnya,  mengatakan, lahan Poktan Tani Mulyo merupakan salah satu sasaran kegiatan Safari Panen Jagung di Jawa Timur yang dilakukan Ditjen PKH Kementan RI.

“Pihak Kodim 0815 bekerjasama dengan Distan melalui para Babinsa dan PPL untuk melaksanakan pendampingan terhadap petani dan Poktan,  salah satunya dengan mengajak dan memotivasi petani agar tetap semangat meningkatkan hasil produksi pangan guna percepatan swasembada pangan di wilayah,”pungkasnya.  

Sekedar informasi, bahwa Poktan Tani Mulyo ini mengelola lahan jagung seluas 51 hektar yang ditanami jenis jagung Super Hibrida BISI -18 dan dalam panen kali mampu menghasilkan 7,8 ton / hektar.

Hadir di acara tersebut, sekitar 80 orang, antara lain, Tim dari Ditjen PKH Kementan RI, Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Jatim, Perwakilan Bulog Sub Divre IV Surabaya Selatan di Mojokerto, Pasiter Kodim 0815 Kapten Arh Supriyono, Camat Dlanggu Nunuk Djatmiko, S.Sos, M.Si, Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Inf Teguh Irianto, Kapolsek Dlanggu AKP Airlangga R Pharmady, SE., Koordinator PPL dari BPP Kecamatan Dlanggu Amin, SP., Kades Kedunglengkong Lilis Setya Handayani, SH., Babinsa Pelda Agus Sunaryo, PPL, Ka Poktan Tani Mulyo Moh. Duhri beserta Petani setempat.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: abn.