Thu 15 Nov 2018

Sekdaprovsu Minta PDAM Tirtanadi Tingkatkan Pelayanan

Sekdaprovsu, Dr. Ir. Hj. Sabrina, M.Si., pada rapat Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Jumat (9/11/2018). (foto/dvd)

Medan, hetanews.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut yang juga sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Dr. Ir. Hj. Sabrina, M.Si., meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi meningkatkan kualitas dan kuantitas pasokan air ke para pelanggan di Sumatera Utara. 

 

Caranya adalah mencari sumber-sumber air baru. Sehingga sumber daya air yang tersedia mampu memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan.


Selain itu, Sekda juga mendorong agar PDAM Tirtanadi terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi. Diantaranya dengan mendirikan unit-unit pengolahan limbah, yang mampu mengolah atau mendaur ulang air limbah dari drainase, sehingga menjadi air layak pakai yang dapat disalurkan ke pelanggan.


“Terutama di daerah pariwisata seperti di Danau Toba. Sehingga air limbah tidak dialirkan langsung ke Danau Toba. Tetapi diolah dan dimanfaatkan kembali. Selain dapat menjadi sumber air baru, juga sekaligus dapat menjaga kelestarian lingkungan Danau Toba,” ujar Sabrina pada Rapat Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi di Ruang Rapat Kantor PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangaraja No. 1 Medan, Kamis (8/11/2018). 


Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo, ST., mengaku upaya peningkatan layanan ke pelanggan masih menghadapi berbagai kendala. Diantaranya, keterbatasan sumber air dan jumlah menara yang tersedia, sementara jumlah pelanggan terus bertambah, terutama pelanggan di Kota Medan sebagai daerah niaga.


Untuk menambah jumlah menara, kata Sutedi, pihaknya terkendala dengan ketersediaan lahan. Seperti di Kota Medan, sangat sulit untuk mencari lahan yang akan digunakan membangun menara. “Jadi menara tidak bisa ditambah, karena keterbatasan lahan,” ujarnya.


Turut hadir dalam rapat itu Anggota Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, H. Hasban Ritonga, SH., Anggia Ramadhan Harahap dan H. Farianda Putra Sinik.

Penulis: dvd. Editor: anto.