HETANEWS

Panwascam Siantar Martoba Ajak Warga Berpartisipasi dalam Pemilu 2019

Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum tahun 2019, di Pondok Madukoro, Jumat (9/11/2018). (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Siantar Martoba, mengajak warga untuk lebih proaktif serta ikut berpartisipasi pada pemilihan umum yang berlangsung, pada 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan saat acara sosialisasi pengawasan pemilihan umum tahun 2019, bersama warga, di Pondok Madukoro, Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba, Jumat (9/11/2018).

Komisioner Panwascam Siantar Martoba, Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga (PHL), Ryan Anggara, kepada peserta sosialisasi, memaparkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu) nantinya.

"Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin secara langsung," kata Ryan, saat memberikan pemaparan.

Ditempat yang sama, Wepriandi Chaniago, selaku Komisioner Divisi Hukum dan penanganan pelanggaran pelanggaran dan sengketa, memberikan penjelasan terkait pelanggaran Pemilu. 

Ia menjelaskan, pelanggaran Pemilu adalah tindakan yang bertentangan atau tidak sesuai dengan peratutan Perundang-undangan terkait pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpers).

Laporan pelanggaran tersebut disampaikan kepada pengawas pemilihan sesuai dengan wilayah kerjanya paling lambat 7 hari, sejak diketahui atau ditemukannya pelanggaran.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Ketua Panwaslu Kecamatan Siantar Martoba, Henry Marulitua Purba, mengajak serta menghimbau warga untuk ikut berpartisipasi dalam memilih, dalam pemaparanya tentang demokrasi dan Pemilu.

Pada pesta demokrasi 2019 nanti, warga akan memilih Anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Pilpers periode 2019-2024, yang dilakukan secara serentak, pada 17 April 2019 yang akan datang.

"Untuk itu, kepada bapak/ibu agar disampaikan kepada masyarakat lainnya, jangan tergantung kepada hal - hal yang mempengaruhi ketidakinginan masyarakat untuk tidak memilih," ujarnya

"Kami berharap masyarakat lebih proaktif dan partisipatif dalam pesta demokrasi 2019 yang akan datang," jelasnya menambahkan.

Henry juga berpesan kepada peserta sosialisasi untuk datang ke sekretariat Panwas Kecamatan Siantar Martoba, di Jalan Rakutta Sembiring, bila ditemukan persoalan yang menyangkut Pemilu.

Penulis: gee. Editor: gun.