HETANEWS

Pesawat R80 Dirancang Mampu Angkut 100 Penumpang

Jakarta, hetanews.com - PT Regio Aviasi Industri (RAI) terus menggarap proyek pesawat R80 yang merupakan inisiasi BJ Habibie. Selain tengah mencari sumber pendanaan, perusahaan juga tengah melakukan pengujian sistem pesawat yang akan digunakan nantinya.

Komisaris RAI Ilham Akbar Habibie mengatakan pesawat ini didesain untuk penerbangan sipil yang akan memiliki teknologi dan kebutuhan pasar 5-10 tahun ke depan.

"Untuk kebutuhan pasar hingga 10 tahun ke depan itu, pesawat ini mampu di upgrade hingga bisa menampung 100 penumpang. Awalnya kita memang buat untuk 80 penumpang dulu," kata Ilham di JIExpo Kemayoran.

Di kelasnya, saat ini pesawat ATR 72 masih cukup dominan. Namun R80 ini menawarkan beberapa hal kelebihan seperti mampu mengangkut jumlah penumpang lebih banyak.

Dalam hal teknologi, pesawat ini dirancang mampu menghemat bahan bakar. Dengan begitu, efisiensi bisa didapatkan maskapai penerbangan yang menggunakannya.

"Kita terus merancang pesawat ini dan mencari berbagai mitra untuk produksinya. Karena PTDI tidak akan bisa membuat semua bagian pesawat ini, mungkin hanya beberapa," terangnya.

Meski saat ini sudah banyak pihak yang menyatakan minatnya untuk membeli, Ilham memperkirakan pesawat ini baru bisa diproduksi 5-6 tahun ke depan.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.