Wed 14 Nov 2018

Ndeso Didakwa Turut Menikmati Hasil Curian

Terdakwa Ndeso di antara para tahanan lainnya saat digiring petugas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dedy Herianto alas Ndeso (31) didakwa turut menikmati hasil curian yang dilakukan oleh teman-temannya. Warga Nagori Jaya I, Kecamatan Bandar ini diadili di PN Simalungun, Kamis (8/11/2018).

Terdakwa melakukan persekongkolan perencanaan pencurian di rumah saksi korban Makmur Harahap di Huta I Emplasemen PTPN IV Kebun Laras, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun. Sebelumnya terdakwa bersama Sugeng, Dimas dan satu teman lainnya masing-masing dalam daftar pencarian orang (DPO) telah mengamati rumah korban.

Lalu pada Rabu, 15 Agustus 2018 pukul 03.00 WIB, ketiga teman terdakwa melakukan pencurian di rumah saksi korban. Dengan cara merusak dinding rumah dan membawa kabur 2 unit sepeda motor Honda Vario dan Scoopy juga 3 HP Oppo 2 unit serta Nokia.

Usai melakukan aksinya, Sugeng menghubungi terdakwa dan bertemu di Simpang Dolok Merangin. Terdakwa mengetahui hasil curian 2 motor tersebut. Setelah dijual, terdakwa diberi bagian Rp300 ribu. 

Jaksa Julita Nababan, menjerat terdakwa dengan Pasal 363 (2) dan Pasal 480 Jo Pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana. Akibat perbuatan terdakwa dan para DPO, saksi korban mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi, Majelis Hakim Roziyanti, Justiar Ronald, dan Mince, menunda persidangan hingga Kamis mendatang. Persidangan dibantu panitera P. Saragih. 

Penulis: ay. Editor: anto.