HETANEWS

9 Kali Beraksi, Perampok Spesialis Gerai Indomart Dipelor

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjiatan menunjukkan batang bukti (atas), para tersangka perampokan digiring petugas (bawah). (foto/hza)

Simalungun, hetanews.com - Komplotan perampok gerai Indomaret di Panei Tongah, Kabupaten Simalungun berhasil diringkus Polres Simalungun, Rabu (7/11/2018).

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjiatan mengatakan dua pelaku perampok gerai Indomaret yakni, Hery Irwan Harahap (39), warga Desa Sumber Padi, Kacamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara dan Budi Lukito alias Budi (39), warga Kampung Juni, Gang Angrek, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai berhasil diringkus di Kota Pematangsiantar.

"Hery Irwan Harahap dan Budi Lukito alias Budi. Mereka sudah pernah melakukan perampokan sebanyak sembilan kali dan masuk kategori spesialis perampokan gerai Indomart seperti di Pekanbaru, Tanjungbalai, Pematangsiantar, Tebingtnggi, Sofi Martin di Kota Medan," ujar Kapolres.

Untuk lokasi gerai Indomart di Pematansiantar, kedua pelaku ini beraksi dan berhasil merampok di Lorong 20 pada September 2018. Ketika melakukan aksinya di Pane Tongah, Kabupaten Simalungun, komplotan ini merusak DVR yakni perangkat penyimpan rekaman video CCTV.

"Untuk gerai Indomart di Pane Tongah, Kabupaten Simalungun mengalami kerugian mencapai Rp17 juta dengan 32 rokok Sampoerna, 98 lembar materai Rp6.000 dan barang lainnya," tambahnya. 

Sambung Kapolres, terungkapnya aksi perampokan di gerai Indomart Pane Tongah setelah ditemukannya CCTV milik masyarakat yang mengarah ke lokasi kejadian. Tiga pelaku perampokan menggunakan sepeda motor.

"CCTV yang kita temukan kita bawa dan kita tunjukkan kepada rekan (kakak kelas) mereka yang berada di Lapas dan kedua pelaku sudah kita amankan. Satu orang lagi DPO yang berperan sebagai joki sepeda motor," ungkapnya.

Saat dilakukan penangkapan di kawasan Kota Pematangsiantar, satu pelaku melakukan perlawanan sehingga diberikan tindakan tegas dan terukur dengan tembakan di kaki.

"Sebelum beraksi, Budi Lukito alias Budi menghubungi rekannya Hery Irwan Harahap. Keduanya sepakat melakukan perampokan di Simalungun," ujar Kapolres Lagi.

Dalam modus operandinya, komplotan prampokan ini beraksi di malam hari di atas pukul 22.00 WIB.

"Kemaren sepeda motornya sudah kita amankan dan orangnya kabur. Ketepatan lokasi penangkapannya itu jurang dan sungai. Rokok hasil pencurian dijual ke Kota Pematangsiantar dan rekannya di jalanan. Mereka ini sudah sembilan kali merampok untuk mendapatkan uang," pungkas Kapolres. 

Penulis: hza. Editor: anto.