Fri 16 Nov 2018

Bangunan SMKN 1 Sipispis Mangkrak

Bangunan SMKN 1 Sipispis yang sudah puluhan tahun mangkrak. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com - Miris melihat bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sipispis ini. Sejak dibangun pada tahun 2006 lalu hingga saat ini, bangunan yang diklaim milik SMKN 1 Sipispis ini tidak pernah difungsikan. 


Seperti yang telah diberitakan hetanews.com sebelumnya, lahan yang luasnya sekitar 1 Ha ini dihibah oleh Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai untuk SMKN 1 Sipispis dengan tujuan mempermudah anak-anak untuk menimba ilmu. 


Ironisnya, Pemkab Sergai yang saat itu dipimpim oleh H. T. Erry Nuradi yang tidak pernah memungsikan sekolah ini sebagaimana semestinya. 

 

Salah seorang warga sekitar saat ditemui hetanews.com mengaku kecewa terhadap Pemkab Sergai dalam hal ini Dinas Pendidikan. Sebab menurutnya Pemkab Sergai hanya menghambur-hamburkan uang negara saja. 


"Kalau memang tidak digunakan lagi, kami berharap bangunan dan tanah ini kembali ke pihak desa, jangan bangunan ini nanti dibuat tempat maksiat bagi orang yang tidak bertanggung jawab," ungkapnya kesal. 


Sementara itu, Kasi Ketenagaan SMK UPT Dinas Pendidikan Sei Rampah, Sergai, Awaluddin Rambe, SE., saat dikonfimasi hetanews.com di ruang kerjanya menjelaskan, pihaknya di sini hanya mendata sekolah yang beroperasi. Namun jika ada bangunan sekolah yang mangkrak ini pihaknya tidak mengetahui. Karena menurutnya, pada tahun 2006 itu pihaknya belum ada menjabat. 


"Kami baru mengetahui Pak ada bangunan mangkrak. Karena pihak Kabupaten Sergai tidak melaporkan adanya aset bangunan SMKN 1 Sipispis ini kepada kami pihak Provinsi Sumut, Pak," ucapnya. 

Penulis: dmk. Editor: anto.