HETANEWS

Direktur SDM dan Umum PTPN IV Tak Dapat Menyebut Kapan Mahdi Al Haris Jalani Assessment

Mahdi Al Haris saat menjalani sertijab di Aula PTPN IV, Februari 2018. (foto/ptpn4.co.id)

Medan, hetanews.com-Pengangkatan Mahdi Al Haris menjadi Manajer Distrik 2 PTPN IV terus menyisakan polemik. Bahkan penjelasan yang didapat dari Direktur SDM dan Umum, Rizal H. Damanik, justru menimbulkan pertanyaan baru.

Ditemui pada acara penyerahan tali asih/ penghargaan peserta terbaik 1 s/d harapan 3 kafilah Provinsi Sumut pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVII Tahun 2018 di Rumah Dinas Gubernur, belum lama ini, Rizal Damanik memastikan jika pengangkatan Mahdi Al Haris sebagai Manajer Distrik 2 sudah seusai prosedur.

"Semua tahapan dalam hal pengangakatan jabatan PJP sudah melalui assessment yang sudah terukur. Sudah terukur semua dan itu merupakan hak prerogatif daripada direktur, direksi ya, BOD. Karena memang di dalam PKB jelas, untuk setiap pengangkatan pejabat itu memang itu wewenang mutlak, hak prerogatif dari direksi," jelas Rizal Damanik pada hetanews.com.

Namun, pria berkumis ini tidak dapat menyebut kapan pelaksanaan assessment yang dikatakan sudah terukur. Begitu pula rekan Mahdi Al Haris saat menjalani assessment sebagaimana pernyataan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV, Siwi Peni tentang mutasi dan perpindahan karyawan. 

Baca juga: Pengangkatan Mahdi Al Haris sebagai Manejer Distrik 2 PTPN IV Tak Sesuai Aturan?

Kejanggalan lain adalah rentang waktu pengangkatan jabatan yang dilakukan terhadap Mahdi Al Haris. Perlu diketahui, pada acara serah terima jabatan (sertijab) di lingkungan Pemangku Jabatan Puncak (PJP) yang dilaksanakan di kantor pusat PTPN IV, Jalan Letjen Suprapto No.2 Medan, Senin (5/2/2018), Mahdi Al Haris baru dimutasi dari Pj. Manajer Kebun Bah Birung Ulu menjadi Pj. Manajer Kebun Mayang.

Selain dipublis di situs resmi PTPN IV, https://www.ptpn4.co.id/serah-terima-jabatan-pjp-di-ptpn-iv-empowering-insan-ptpn-iv-melalui-mutasi-rotasi-dan-promosi-guna-meningkatkan-kinerja-perusahaan/, kegiatan sertijab ini juga tampak terbit di sejumlah media cetak lokal di Kota Medan.

Hanya delapan bulan berselang, Mahdi Al Haris kembali mendapat promosi jabatan sebagai Manajer Distrik 2. Anehnya promosi jabatan tersebut tak pernah diekspose di media seperti halnya sertijab pada 5 Februari 2018 di atas. Bahkan, pemberitaan pengangkatan Mahdi Al Haris tersebut tidak tampak di situs resmi milik PTPN IV itu sendiri.

Nah, pada edisi berikutnya, Rizal Damanik juga mengatakan jika Mahdi Al Haris telah memenuhi persyaratan maupun kriteria untuk menjabat Manajer Distrik 2. Baik dari masa pengabdian, golongan, hingga track rekord. (bersambung)

Penulis: tim. Editor: anto.