HETANEWS

Pangulu Buntu Bayu Bantah Dugaan yang Dilaporkan LSM Agresi ke Poldasu

Surat Laporan Pengaduan LSM Agresi yang ditujukan kepada Kapolda Sumatera Utara, pada pekan lalu.

Simalungun,hetanews.com- Pangulu Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Lumuntar Saragih, belum mengetahui adanya laporan pengaduan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aliansi Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Agresi) yang menyeret namanya.

Adapun laporan pengaduan tersebut, terkait adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan pihak PT Sumber Bumi Sawit Jadi Jaya (SBSJJ).

Dalam surat laporan nomor 033/AGRESI/X/2018, Lumuntar diduga bersama-sama dengan pemerintah setempat, termasuk Camat, sengaja menerbitkan alas hak atas tanah negara secara melawan hukum.

"Tidak tahu saya kalau ada laporan itu," katanya saat dihubungi hetanews.com, Selasa (6/11/2018).

Ditanya, apakah dirinya mengetahui adanya dugaan pelanggaran UU No 41 Tahun 1999 yang dilakukan PT SBSJJ, Lumuntar mengakui mengetahui, namun dirinya menegaskan tidak pernah menerbitkan izin apapun, seperti yang dimuat dalam laporan pengaduan LSM Agresi, yang dibacakan wartawan via telepon seluler.

"Kalau apa yang bapak sampaikan itu, saya tidak pernah menerbitkan apapun. Saya memang pernah menerbitkan rekomendasi, tetapi bukan izin," tegasnya.

Baca juga: Bernhard Damanik: Setahu Kita PT SBSJJ Sudah Kantongi Izin

Namun saat ditanya lebih lanjut, perihal rekomendasi yang dimaksud olehnya, Lumuntar mengatakan, dirinya akan menceritakan fakta maupun data yang dimilikinya secara langsung.

"Baiknya begini saja pak, bapak silahkan datang ke kantor kita, kita terbuka dan saya akan sampaikan apa yang saya ketahui tentang PT SBSJJ itu secara langsung," bebernya.

Sementara itu, Camat Hatonduhan, Mariaman Samosir, belum menjawab sambungan telepon selulernya, saat wartawan hendak melakukan konfirmasi terkait laporan pengaduan yang juga menyertakan namanya.

Diberitakan sebelumnya, LSM Agresi Siantar Simalungun, mengadukan oknum yang diduga terlibat dalam penerbitan izin pendirian Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT SBSJJ yang disinyalir berada di kawasan hutan register 18.

Penulis: tim. Editor: gun.