HETANEWS

Ini Proyeksi Pendapatan Daerah Tahun 2019 di Asahan

Sekda saat membacakan pidato Bupati, di aula Kantor DPRD kabupaten Asahan yang dihadiri Ketua dan Anggota DPRD Asahan. (foto/heru)

Asahan,hetanews.com- Pihak DPRD Kabupaten Asahan, menggelar rapat paripurna, perihal nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang rencana anggaran pendapatan daerah Tahun Anggaran 2019, di aula kantor DPRD Asahan, Senin (5/11/2018). 

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang, diwakili Sekretaris Daerah, Taufik Zainal Arifin, menyampaikan tentang pendapatan daerah untuk tahun 2019 yang diproyeksikan sebesar Rp1,6 Triliun lebih. 

Adapun rencana pendapatan daerah yaitu berasal dari pendapatan asli daerah sebesar Rp126,605 Miliar lebih, transfer pemerintah pusat sebesar Rp1,260 Triliun lebih dan pendapatan daerah yang lain sebesar Rp216,3 Miliar lebih. 

Dalam acara yang dihadiri oleh Ketua DPRD, Anggota DPRD dan OPD Kabupaten Asahan ini, Sekda juga menyampaikan proyeksi alokasi dana belanja daerah untuk tahun 2019 sebesar Rp1,6 Triliun lebih. 

Dimana dana tersebut rencananya dialokasikan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp1,078 Triliun lebih, yang meliputi belanja pegawai, belanja subsidi, belanja hibah, belanja bantuan sosial, belanja bagi hasi bagi pemerintah desa, belanja bantuan keuangan kepada provinsi/kabupaten/kota/ desa dan partai politik dan belanja tidak terduga.

Sedangkan rencana alokasi dana untuk belanja langsung sebesar Rp522,16 Miliar lebih, yang dialokasikan untuk urusan pemerintah konkuren dan fungsi penunjang urusan pemerintah.

Masih kata Sekda, bahwa pembiayaan daerah dari penerimaan pembiayaan belum dapat diproyeksikan karena belum adanya hasil audit atas laporan keuangan tahun anggaran 2018. Sementara pengeluaran pembiayaan direncanakan sebesar Rp2,5 Miliar.

Diahir penyampaian nota keuangan ini, Taufik Zainal Arifin, mengajak Forpimda, para pengurus Parpol, seluruh anggota dewan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, insan pers dan seluruh masyarakat Kabupaten Asahan untuk mensukseskan Pemilu Presiden dan Legislatif tahun 2019 dengan menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kita junjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan hingga keharmonisan dan kondusifitas  tetap terjaga. Dan itu menjadi modal utama untuk mensukseskan pembangunan, hingga apa yang kita cita - citakan tercapai dan terlaksana, ujar Taufik membacakan sambutan Bupati Asahan. 

Penulis: heru. Editor: gun.