Sat 23 Mar 2019
Menyambut HUT Hetanews.com ke 5, kami membuka peluang terhadap jurnalis-jurnalis muda (usia 21-31) untuk bergabung dengan kami di seluruh wilayah Sumatra Utara (Sumut).
Kirim lamaran dan CV ke alamat Redaksi di Jalan Narumonda Atas No 47, Pematangsiantar-21124, Tel (0622-5893825) HP: 082167489093 (Reni)/ 082274362246 (Tommy Simanjuntak) atau Email: redaksihetanews@gmail.com. Pengumuman ini berlaku dari 7 Maret sampai 7 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Batik Medan dan Songket Medan Meriahkan Gebyar Kerajinan Sumatera Utara

Batik Medan dan Songket Medan meriahkan Gebyar Kerajinan Sumatera Utara 2018. (foto/humas)

Medan, hetanews.com - Hasil kerajinan Kota Medan yang dikenal dengan Batik Medan dan Songket Medan menambah kemeriahan pameran Gebyar Kerajinan Sumatera Utara yang digelar di Merdeka Walk, Jumat (2/11/2018). 

Selain mengisi stand pameran, hasil kerajinan Batik Medan yang dirancang Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH ini juga mengikuti  fashion show busana yang merupakan rangkaian dari Gebyar Kerajinan Sumatera Utara 2018. Berbagai motif Batik Medan mulai dari motif Istana Maimun, Masjid Raya, Becak Medan, Durian Medan dan Pucuk Rebung ditampilkan dalam busana yang dikenakan para Ibu Camat se Kota Medan.

Dikatakan Ketua Dekranasda, keikutsertaan Batik Medan di berbagai kegiatan pagelaran busana ini guna membumikan busana khas Kota Medan. Batik Medan dan Songket Medan yang memang sudah menjadi icon kian hari kian banyak peminatnya ini, juga sudah dikenal di kancah internasional.

"Saya berharap keikutsertaan Batik Medan dan Songket Medan dalam Gebyar Kerajinan Sumatera Utara ini dapat semakin memperkenalkan hasil kerajinan Kota Medan. Tidak hanya di lokal juga mancanegara," kata Hj. Rita.

Ketua Dekranasda Kota Medan, mengungkapkan Batik Medan dan Songket Medan ini merupakan hasil kerajinan binaan Dekranasda Kota Medan dalam hal memajukan UMKM di Kota Medan. Artinya para pengrajin batik dibina untuk menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan dapat bersaing dengan produk lainnya.

Gebyar Kerajinan Sumatera Utara tahun 2018 ini dibuka Gubernur Sumatera Utara, Letjend TNI (Purn) Edy Rahmayadi ditandai dengan pemukulan gong. Hadir Walikota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Kadis Koperasi dan UKM, Emilia Lubis, Wakil Ketua Dekranasda Sumut, Sri Ayu Musa Rajekshah, Kadis PMPTSP Sumut, Arief Trinugroho dan Unsur Forkominda Sumut dan Kota Medan.

Penampilan Fashion Show Batik Medan ini membuat para pengunjung kagum. Selain bernuansa tradisional dan modern dengan mengangkat ciri khas kota Medan. Hasil tangan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin ini terkesan elegan dan anggun. Keseluruhan busana Batik Medan dan Songket Medan ini juga dapat dilihat di Galeri Maharani.

Penulis: rico. Editor: anto.