HETANEWS

Basarnas: Turbin dan Badan Pesawat Lion Air JT 610 Ditemukan

Kepala Basarnas M Syaugi di Pelabuhan JICT 1

Jakarta, hetanews.com - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Muhammad Syaugi mengungkapkan, hingga siang ini, setidaknya tim penyelam sudah menemukan dua turbin pesawat maupum badan pesawat LionAir JT610 yang tenggelam di perairan Karawang, Senin pagi lalu, 29 Oktober 2017.

Syaugi menjelaskan, meskipun dia belum menerima bukti gambar dari temuan tersebut, namun dipastikannya bahwa dari 159 penyelam yang dia kerahkan pada hari ini, telah mengkonfirmasi hasil pengelihatan dua mesin dan badan pesawat tersebut.

"Jadi sampai siang ini, sudah banyak temuan besar. Turbin sudah dua ditemukan. Kemudian roda satu yang lain juga sudah terlihat. Informasi dikatakan ada yang sudah melihat body," ungkapnya di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu 3 November 2018.

"Tadi sudah saya sampaikan, sudah dilihat (oleh tim penyelam), tapi saya belum lihat gambarnya. Saya yakin itu kalau ada (yang lihat), mestinya ada. Karena kita sudah sapu semua itu," tuturnya menambahkan.

Salin temuan fisik pesawat, Syaugi juga mengatakan bahwa timnya juga sudah kembali mendengar suara 'ping' dari salah Kotak Hitam yang saat ini masih belum di temukan. Kotak hitam tersebut merupakan kotak hitam yang berisi Cockpit Voice Recorder atau CVR.

"Tadi pagi kita sudah mendengar suara ping yang satu, walau agak lemah, tidak jauh dari kapal victory, ada dibagian guritan sekitar 50 meter. Mudah-mudahan itu sudah bisa ketumu, sehingga black box lengkap baik FDR (Flight Data Recorder) maupun CVR," ungkap dia.

sumber: viva.co.id

Editor: sella.