HETANEWS

Mengenal BI Lebih Dekat Terkait Kebijakan dan Tupoksinya

Sosialisasi Refreshment Kebijakan dan Tema Strategis BI Tahun 2018. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Untuk mengenal Bank Indonesia (BI) lebih dekat, Kepala Perwakilan (KPw) BI Pematangsiantar menyelenggarakan Refreshment Kebijakan dan Tema Strategis BI Tahun 2018 di lantai V Gedung BI Jalan H. Adam Malik, Siantar, Jumat (2/11/2018).

Acara tersebut dihadiri stakeholder, pimpinan perbankan, Pemerintah Kota (Pemko) Siantar, Khaidir Siregar selaku Kabag Perekonomian dan asisten II M. Akhir Harahap, pelaku kegiatan usaha penukaran valuta asing (KUPVA), mahasiswa Sultan Agung,
Kepala Tim BI Medan, Poltak Sitanggang.

Secara singkat dan jelas KPw BI Siantar, Elly Tjan memaparkan, selain mengurus stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran, BI juga mengurus kestabilan harga menekan inflasi. Kebijakan moneter disampaikan Meitha Elsinta dan sistem pembayaran
oleh Rifky Andi.

Indonesia patut bangga menjadi tuan rumah pada pertemuan IMF dan World Bank di Bali yang dihadiri 189 negara. Karena berlangsung aman dan lancar juga semua peserta memberikan apresiasi terbaik kepada Indonesia. 

"Khususnya BI Siantar mendapat penghargaan pendampingan terbaik kepada Meita Elshinta yang telah menerima penghargaan atas kinerjanya tersebut," jelas Elly. 

BI, lanjutnya, merupakan lembaga negara yang berkontribusi secara nyata terhadap perekonomian Indonesia dan terbaik diantara negara emerhing markets. Dengan tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Secara singkat Elly juga menyebutkan 4 langkah menurunkan inflasi, menjaga ketersediaan pasokan, menjaga keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

"Jangan belanja berlebihan, agar harga terjangkau," katanya. 

Penulis: ay. Editor: anto.