Wed 14 Nov 2018

Penampakan Puing Bangkai Lion Air JT-610 di Dasar Laut, Basarnas Temukan Ping Locator Black Box

Tim Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan dua jurnalis NET, Satria Purnatama dan Albert Sumilat, berhasil menemukan sebagian puing badan pesawat Lion Air JT-610.

Jakarta, hetanews.com - Tim Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan dua jurnalis NET, Satria Purnatama dan Albert Sumilat, berhasil menemukan sebagian puing badan pesawat Lion Air JT-610.

Penemuan puing badan pesawat tersebut disiarkan langsung televisi swasta Net TV. Cuplikan video tersebut turut diunggah pada laman Youtube Net.Z pada 31 Oktober 2018.

Dalam video tampak puing pesawat Lion Air JT 610 berserakan di dasar laut. Dalam video tampak puing pesawat Lion Air JT 610 berserakan di dasar laut.

Selain serpihan pesawat, tampak pula di dalam video beberapa barang diduga milik penumpang. Barang-barang yang ditemukan anatara lain sepatu, botol, hingga kartu identitas.

Serpihan pesawat Lion Air JT 610 yang yang berada di dasar laut tersebut ditemukan pada Rabu (31/10/2018) sekitar pukul 17.00 WIB.

Badan pesawat Lion Air JT 610 ditemukan pada penyelaman keenam. Penemuan didapat oleh Tim Taifib 1 dan jurnalis NET yang meliput proses pencarian.

Puing-puing ditemukan di dasar laut pada kedalaman 32,5 meter. Badan pesawat Lion Air JT 610 yang ditemukan pada jarak 40 kilometer dari lokasi berangkat tim penyelam di Marunda.

Lokasi badan pesawat Lion Air JT 610 yang ditemukan itu sesuai area yang sudah ditetapkan Basarnas, yakni dalam radius sekita 15 mil laut.

Sementara itu dilansir dari Wartakota, petugas menemukan lokasi suara ping locator dari black box pesawat dengan rute Jakarta-Pangkalpinang itu.

Saat ini pencarian dilakukan empat kapal yang dilengkapi peralatan pendukung yakni multibeam echosounder, remote operated vehicle (ROV) serta scan sonar.

Namun Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan sejauh ini belum menemukan benda besar di lokasi pencarian. Hingga kini temuan-temuan yang didapat hanya serpihan-serpihan kecil bagian dari pesawat.

"Di samping itu, kita juga menemukan ping locator. Jadi di black box itu ada ping yang bisa berbunyi. Kita berdua mendengarkan itu, tit tit tit, suara itu terdengar," ungkap Syaugi. Suara tersebut ditemukan pada kedalaman sekitar 400 meter dengan posisi arah Barat Laut.

 

 




 

sumber : tribunnews.com

lihat videonya dibawah ini:

Penulis: -. Editor: sella.