HETANEWS

Kasat Lantas Polres Asahan Beberkan Jumlah Pengendara Anak di Bawah Umur

Kasat Lantas Polres Asahan, AKP Rusbeny didampingi Kanit Laka Lantas, Iptu Rusdi dan seorang petugas saat memeriksa surat kendaraan. (foto/heru)

Asahan,hetanews.com- Pimpin Operasi Zebra Toba 2018, di hari kedua, depan kantor Sat Lantas Polres Asahan, Jalan Cokro Aminoto Kisaran,  Kasat Lantas, AKP Rusbeny, akui masih temukan pengendara kendaraan bermotor, anak di bawah umur. 

Dijelaskannya, bahwa di hari kedua gelar Opreasi Zebra, pihaknya menilang sebanyak 220 kendaraan. Dimana dari 220 kendaraan, masih didapati 18 pengendara yang terjaring, anak di bawah umur.  

"Di hari kedua ini, sudah 18 pengendara anak di bawah umur kita amankan dan jelas tidak memiliki SIM dan kendaraan dimodifikasi serta tidak memakai helm. Hingga belum layak mengendarai sepeda motor, bila melihat usianya. Kita menghimbau kepada para orang tua, tidak memberikan kendaraan kepada putra - putrinya karena  ini membahayakan pengendara lain,”ujarnya. 

Sementara itu, terkait pelanggaran tertinggi, sebanyak 120 tidak menggunakan helm. Sedangkan kendaraan yang diamankan ranmor sebanyak 24 kendaraan, beritahunya. 

"Kembali kita ingatkan agar masyarakat melengkapi perlengkapan saat berkendara dan berkendara dengan baik hingga keselamatan nomor satu, bukan kecepatan, “ujar mantan Kasat Lantas Nias ini. 

Penulis: heru. Editor: gun.