HETANEWS

Bursa Inovasi Desa Resmi Dibuka di Tobasa

Ir Darwin Siagian memberikan sambutan dalam acara. (foto/nim)

Toba Samosir, hetanews.com - Untuk mewujudkan kemandirian desa berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mendorong lahirnya desa mandiri, salah satunya adalah Bursa Inovasi Desa yang diselenggarakan di gedung Serba Guna HKBP Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Selasa (30/10/2018).

"Datang, Komit, Tiru dan Maju" adalah motto yang didengungkan dalam acara yang dihadiri tiga orang perwakilan dari tiap desa se Kabupaten Tobasa.

Turut hadir dalam acara Bupati Ir Darwin Siagian beserta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Desa, Camat serta Tim Pelaksana Inovasi Desa.

Sementara itu, sebagai diresmikannya acara ini diawali pemukulan gong oleh Kepala Desa Tangga Batu I, Kecamatan Parmaksian, Janner Sitorus.

Dalam sambutannya, Darwin mengatakan kegiatan sangat penting dan mendidik bagi seluruh Kepala Desa serta perangkatnya agar mampu menggali potensi yang dimiliki masing-masing desa untuk mempercepat proses pembangunan serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Melalui kegiatan ini, 132 desa yang ada di Tobasa dapat berinovasi dan mampu mengeksplore kekayaan serta mampu menganalisa potensi yang akan dikembangkan menjadi prioritas unggulan desa,” ujarnya.

Kadis Pemerintahan Desa, Henri Silalahi, SE, MSi mengatakan, tujuan diselenggarakannya Bursa Inovasi Desa ini adalah untuk mempertontonkan produk inovasi desa yang sudah berhasil dan teruji dari berbagai desa yang ada di Indonesia untuk diasopsi dan dijadikan sebagai keunggulan desa sesuai potensi yang dimiliki desa masing-masing.

Disampaikan Kadis Pertanian Sahat Manullang, SP menekankan agar setiap desa mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dimana pengelolaannya dilakukan secara kolektif berbentuk usaha bersama agar warga desa dapat memasarkan hasil inovasi dan kreatifitas ke masyarakat luas.

Pada kesempatan berbeda, Kadis Perindakop, Marsarasi Simanjuntak mengatakan jiwa kewirausahaan yang dimiliki masyarakat yang ada si desa memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kemajuan ekonomi desa dan pada akhirnya dapat mengangkat taraf hidup masyarakat desa yang lebih sejahtera.

"Untuk mendukung tumbuhnya jiwa wirausaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat, Dinas Perindakop Tobasa telah memberikan fasilitas dan bantuan kepada masyarakat berupa peralatan pengolah hasil pertanian seperti mesin pengolah jagung,” ucapnya.

Penulis: nim. Editor: bt.