HETANEWS

Turunkan Tingkat Kecelakaan, Polres Tobasa Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba

Wakapolres Tobasa, Arifin Siagian saat melakukan Apel Gelar Pasukan 2018, di Halaman Mapolres Toba Samosir. (Foto/Nimrod Simanjutak)

Tobasa,hetanews.com- Wakapolres Toba Samosir (Tobasa), Arfin Siagian memimpin gelar pasukan Operasi Zebra Toba 2018, guna  menekan tingkat kecelakaan lalu lintas. Apel digelar di lapangan Mapolres, Kecamatan Siantar Narumonda,  Selasa (30/10/2018).

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengawali operasi zebra, yang akan digelar mulai tanggal 30 Oktober-12 November, di seluruh Tobasa,"kata Ariffin.

Ariffin mengatakan, apel dilaksanakan untuk mengetahui jumlah personel yang akan dikerahkan dalam operasi. Dan untuk memastikan, bahwa Operasi Zebra Toba 2018 berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu

UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Resolusi PBB tentang Decade Of Action yang kemudian dijabarkan melalui Keppres No 4 Tahun 2011 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu lintas (RUNK), serta Peraturan Pemerintah No 37 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

"Apel gelar pasukan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan maksimal dan optimal sesuai tujuan serta peraturan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Arifin kemudian membacakan amanat dari Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri.

"Melalui pelaksanaan Operasi Zebra Toba Tahun 2018 ini, diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri serta terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas menjelang perayaan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru, 1 Januari 2019, “ sebut Wakapolres Tobasa.

Atas hal tersebut, dia meminta semua elemen untuk bekerjasama dalam menekan angka kecelakaan lalin. Menurutnya, persoalan lalin harus menjadi concern semua pihak.

"Dalam mengatasi permasalahan lalin tersebut, tidak bisa berdiam diri melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya dalam hal ini menciptakan pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan mememlihara Kamseltibcarlantas,"ujarnya.

Apel ini tampak dihadiri Sekdakab Tobasa, Harapan Napitupulu, para OPD, para Kasat, para Kapolsek, para Danramil, pasukan dari Simbisa 125 Balige dan anggota Koramil, Polres Tobasa, personil Satpol PP serta Dinas Perhubungan yang diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pembina apel. Dilanjutkan dengan penyematan pita "Operasi Zebra Toba 2018"  kepada perwakilan dari Kodim 0210/TU, Si Propam, Sat Lantas, Sat Sabhara, Sat Pol PP serta Dinas Perhubungan Kabupaten Toba Samosir.
 

Penulis: nim. Editor: gun.