HETANEWS

Pemilik Sabu Jadi Pengguna Dibui 12 Bulan Saja di PN Simalungun

Dua terdakwa meninggalkan ruang sidang usai divonis 12 bulan. (foto/ayu)

Simalungun,hetanews.com- Dua terdakwa, Rohadi Musa alias Andi (26) dan Yusnal Bertuan alias Iyus (38), warga yang sama di Kecamatan Sidamanik, masing-masing dibui 12 bulan saja oleh majelis hakim, pimpinan Jon Sarman Saragih.

Vonis yang dibacakan dalam persidangan, Senin (29/10/2018) tersebut, lebih ringan 6 bulan dari tuntutan jaksa. Terdakwa ditangkap pada Sabtu, 4 Agustus 2018, sekitar pukul 17.45, lalu. Sore itu, petugas telah mendapatkan informasi dan langsung menuju Hotel Raja. 

Sebelumnya, jaksa Viktor Purba, menuntut pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan. Tapi hakim dan jaksa, sependapat mempersalahkan kedua terdakwa dengan pasal 127 (1) huruf a UU RI No.35/2009 tentang narkotika jo 55 (1) ke-1 KUHP.

Terungkap di persidangan, keduanya ditangkap anggota Satnarkoba Polres Simalungun, Parlin Saragih dan Efraim Purba dari di depan kamar no.18 Hotel Raja, jalan Saribu Dolok-Siantar. Terdakwa Iyus menjatuhkan sesuatu, melihat kedatangan saksi dan setelah disuruh ambil, ternyata sepaket sabu.           

Kedua terdakwa, mengakui, membeli sabu secara patungan seharga Rp.400 ribu dari Indra (DPO), di jalan DI Panjaitan Siantar. Lalu sabu tersebut dibawa ke Hotel Raja dengan lebih dulu membeli kaca pirex, di apotek.

Polisi bersama petugas Hotel Abdi Tampubolon, menggeledah kamar yang dihuni terdakwa dan menyita barang bukti,  2 buah ponsel, kaca pirex, sabu seberat 0,74 gram yang dijadikan barang bukti, di persidangan. Terdakwa dalam persidangan, didampingi pengacara, Antoni Sumihar Purba, menyatakan terima atas vonis tersebut. Hal senada disampaikan jaksa dalam persidangan siang itu.          

Persidangan dibantu panitera, Jonathan Sinaga, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.