HETANEWS

Delta Tamtama Jabat Ketua PN Sei Rampah, Ini Pesan Bupati Sergai

Ketua PT Medan saat melantik Ketua PN Sei Rampah di Aula Sultan Serdang, Senin (29/10/2018). (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan, Dr. H. Cicut Sutiarso, SH, M.Hum secara resmi melantik Delta Tamtama sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sei Rampah di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Senin (29/10/2018).

Dalam sambutannya, Ketua PT Medan Dr. H. Cicut Sutiarso, SH, M.Hum mengapresiasi keberadaan PN Sergai. Hal ini diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan. 

"Keadilan harus gampang diakses masyarakat luas dan harus transparan sampai dimana perkara tersebut  berjalan. Masyarakat harus merasa puas sehingga timbul keyakinannya pada badan peradilan," ucap Cicut Sutiarso.

Lembaga peradilan, lanjutnya, tidaklah mungkin berjalan sendiri, melainkan harus adanya kerjasama dan dorongan antara Forkopimda Sergai agar peradilan dapat berjalan dengan lancar. 

Usai pelantikan, Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman mengatakan, keberadaan PN Sergai salah satu yang diidamkan oleh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat. Semenjak 14 tahun berdirinya kabupaten ini sudah sah memiliki lembaga hukum seperti Polri, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri. Semua itu merupakan syarat suatu kabupaten yang defenitif yaitu terpenuhinya unsur lembaga exekutif, legislatif dan yudikatif.

"Dengan telah resminya Sergai memiliki Pengadilan Negeri, berharap pelayanan masyarakat untuk mendapat keadilan lebih murah, karena masyarakat Sergai tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Lubukpakam, Deliserdang. Dengan adanya Kantor Pengadilan Negeri di Sei Rampah ini masyarakat bisa mendapatkan pelayanan keadilan lebih murah dan mudah," ucap Soekirman.

Penulis: sutrisno. Editor: anto.