HETANEWS

Musibah Pesawat Lion Air, Basarnas Temukan Puing dan Potongan Tubuh

Petugas memeriksa benda yang diduga barang-barang milik penumpang pesawat. (istimewa)

Jakarta, hetanews.com - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) M Syaugi mengatakan pihaknya telah menemukan puing dan beberapa barang yang diduga berasal dari pesawat Lion Air JT 610 yang dilaporkan hilang kontak.

"Tim Basarnas telah menemukan puing, pelampung, ponsel dan potongan tubuh," kata Syaugi dalam jumpa pers di Kantor Pusat Basarnas, Jakarta, Senin (29/10).

Syaugi mengatakan pihaknya menerima laporan dari pengendali lalu lintas udara bahwa pesawat dari Jakarta menuju Pangkal Pinang hilang kontak pada pukul 06.50 WIB.

Basarnas segera melakukan proses evakuasi setelah informasi tersebut dikonfirmasi oleh Lion Air. Pesawat hilang kontak pada koordinat 107,07 Bujur Timur dan 05.46 Lintang Selatan.

"Kami memberangkatkan kapal dan helikopter menuju lokasi untuk melakukan pengecekan. Puing dan beberapa benda ditemukan pada jarak dua mil laut sebelah Selatan dari koordinat dilaporkan hilang kontak," jelasnya.

Petugas menemukan barang barang diduga berasal dari pesawat Lion Air JT 610. (istimewa)

Ia menambahkan, kedalaman laut yang diperkirakan menjadi lokasi pesawat jatuh antara 30 meter hingga 35 meter. Basarnas akan menerjunkan penyelam untuk mencari badan pesawat.

"Mudah-mudahan pesawat bisa cepat ditemukan dengan dukungan instansi lainnya," katanya.

Untuk proses pencarian, Basarnas mengerahkan 130 personel dan 30 penyelam dari Kantor SAR Jakarta, Bandung dan Lampung.

"Lokasi evakuasi tidak jauh. Yang terdekat adalah Kantor SAR Jakarta," ujarnya.

sumber: antara

Editor: bt.