HETANEWS

Taufik Kurniawan Dicegah KPK, Fahri Tunggu Penjelasan Resmi ke DPR

Fahri Hamzah (Foto: Lamhot Aritonang)

Jakarta,hetanews.com- KPK mencegah Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan berpergian ke luar negeri. Kolega Taufik yaitu Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menanti keterangan resmi dari KPK.

"Tentu kami menunggu penjelasan resmi kepada DPR, khususnya kepada pimpinan. Setelah ada penjelasan resmi tentu akan baru bisa ditindaklanjuti sebagai bagian dari jawaban antar lembaga terhadap situasi," kata Fahri saat dihubungi, Minggu (28/10/2018).

Hingga saat ini, Fahri baru mendapatkan informasi pencegahan itu dari media. Pada Senin (29/10) esok, ia akan mengecek apakah KPK telah menyampaikan secara resmi kepada DPR.

"Jadi sekali lagi kami belum bisa membuat jawaban karena belum membaca apakah sudah ada penjelasan resmi atau tidak. Besok hari Senin kami akan memeriksa apakah ada penjelasan tentang ini," tuturnya.

KPK telah mengonfirmasi pencegahan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berpergian ke luar negeri. KPK segera menyampaikan informasi lengkap terkait hal itu.

"Iya (dicegah ke luar negeri). Tunggu saja besok," ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Imigrasi mengamini permintaan pencegahan ke luar negeri oleh KPK tersebut. Surat itu diterima per Jumat 26 Oktober 2018.

KPK belum menjelaskan rinci pencegahan politikus PAN itu terkait perkara apa. Namun Taufik pernah menjalani pemeriksaan di KPK pada Rabu, 5 September lalu. Saat itu dia mengaku menjalani pemeriksaan terkait penyelidikan kasus soal APBN.

Sementara itu diketahui KPK tengah mengusut beberapa perkara terkait penganggaran hingga dana alokasi khusus seperti dalam kasus suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, Bupati Kebumen nonaktif Yahya Fuad, hingga perkara mafia anggaran yang menjerat mantan anggota DPR Amin Santono. Namun belum diketahui pasti perkara mana yang berkaitan dengan Taufik.

Sumber: Detik.Com

Editor: gun.