HETANEWS

Video Masak Babi dan Kurma Komika Tretan-Coki Tuai Reaksi

Komika tretan muslim dan coki pardede unggah video masak babi campur kurma. (Foto: Youtube/@TretanPardede fans)

Jakarta, hetanews.com - Dua komika, Tretan Muslim dan Coki Pardede mendapat kecaman dari berbagai pihak karena video unggahannya tentang masak babi dicampur sari kurma. Salah satu pihak yang mengecam adalah timses Prabowo-Sandi. Melalui juru bicaranya Dahnil Anzar Simanjuntak, video lelucon dua komika tersebut dinilai telah menistakan agama.

"Terkait dengan video lelucon yang dilakukan komika Coky Pardede dan Tretan Muslim yang menyinggung makanan halal dan deretan peristiwa lainnya yang dianggap menyinggung isu SARA, saya atas nama koordinator juru bicara Prabowo-Sandi menghimbau agar umat Islam dan kelompok agama lainnya tidak terprovokasi," kata Dahnil dalam keterangan persnya, Senin (22/10).

"Tetap merawat toleransi dan prasangka baik di antara umat beragama di Indonesia," lanjut Dahnil.

Terkait dengan tindakan komika Coky Pardede dan Tretan Muslim, Dahnil mengatakan, pihaknya meminta agar hal tersebut bisa segera dibawa ke proses hukum.

"Yang menyinggung isu SARA mari kita serahkan sepenuhnya kepada proses hukum. Dan, mengimbau pihak kepolisian untuk melakukan langkah-langkah hukum yang dibutuhkan," kata Dahnil.

Dahnil mengajak seluruh umat beragama tetap menjaga toleransi, rukun serta saling menghormati.

"Mari menghindari laku dan ucapan yang menyinggung agama saudara-saudara kita sesama warga Indonesia," tutup Dahnil.

Sebelumnya melalui video yang diunggah ke media sosial, Tretan dan Coki merekam kegiatan memasak daging babi dicampur dengan sari kurma. Dalam video tersebut mereka berceloteh, jika babi yang dianggap haram oleh ajaran Islam, dicampur dengan kurma bisa menjadi halal.

Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari dua komika ini. Di akun instagram mereka juga belum ada pernyataan.

Namun salah satu komika Pandji Pragiwaksono sempat memberi tanggapan soal aksi dua rekannya itu. Pandji mengunggahnya saat menjawab pertanyaan dari netizen.

Selain itu ada juga penjelasan dari seorang netizen @zoelfick soal video dua komika yang disebutnya sebagai guyonan.

sumber: kumparan.com

Editor: bt.