HETANEWS

Mengenal Lebih Dekat Para Keturunan Bung Hatta

Bung Karno dan Bung Hatta. (Foto: Dok. Kemdikbud)

Jakarta, hetanews.com - Nama Wakil Presiden Pertama Indonesia Mohammad Hatta terseret dalam pusaran politik. Dahnil Anzar Simanjutak, anggota Tim Pemenangan Prabowo-Sandi, menyamakan Sandiaga Uno dengan sosok Bung Hatta. Mendengar narasi tersebut, cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta, tidak terima.

"Tidak kenal dengan Bung Hatta tidak usah mengibaratkan sebagai Bung Hatta. Tidak elok menggunakan nama beliau (dan Eyang Karno) demi kepentingan politik,” tulis Gustika dalam akun Twitternya.

Di balik kontroversi itu, apakah kamu tahu siapa Gustika Jusuf-Hatta? Penasaran Gustika itu cucu Bung Hatta dari anak yang ke berapa? Yuk temukan jawabannya dengan mengenal lebih dekat silsilah keluarga Hatta.

Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902 dengan nama Mohammad Athar. Hatta lahir dari pasangan Muhammad Djamil dan Siti Saleha. Darah ulama mengalir dari ayahnya yang berasal dari Batuhampar (dekat Payakumbuh), Sumatera Barat. Sementara ibunya asli Bukittinggi. Hatta merupakan anak laki satu-satunya dalam keluarganya.

Setelah mengenyam pendidikan di Belanda serta berjuang untuk Indonesia, Bapak Koperasi ini menikah dengan Rahmi Hatta pada November 1945. Acara pernikahan diberlangsungkan di Bogor, Jawa Barat. Setelah menikah, pasangan ini pindah ke Yogyakarta.

Di Kota Gudeg ini, pasangan Hatta dan Rahmi dikaruniai tiga anak, perempuan semua. Anak pertamanya, Meutia Farida Hatta atau yang lebih dikenal dengan Meutia Hatta lahir pada 21 Maret 1947.

Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I ini menikah dengan Sri Edi Swasono (anggota PKPI) pada 1973. Pasangan politikus ini dikaruniai dua anak bernama Tansri Yusuf Zulfikar dan Sri Juwita Hanum Swasono.

nak kedua Hatta bernama Gemala Rab’ah Hatta. Dibandingkan dengan kakaknya, Gemala tidak bergelut di dunia politik. Dia memilih bidang kesehatan untuk ditekuni. Dikabarkan Gemala sudah pensiun dari Kementerian Kesehatan Indonesia. Dia juga sudah lama pisah dengan suaminya. Dari pernikahannya, dia dikarunia seorang anak bernama Muhammad Attar.

Yang terakhir, Halida Nuriah Hatta, lahir pada 12 Januari 1956. Halida mengawali karirnya dari asisten dosen politik hingga menjadi kader Partai Gerindra. Halida menikah dengan Gary Rachman Jusuf. Dari pernikahannya ini, mereka dikaruniai seorang anak bernama Gustika Fardani-Jusuf.

Nama Gustika Fardani-Jusuf mencuat ketika mengomentari pernyataan salah satu Tim Pemenangan Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjutak yang menyamakan sosok Bung Hatta dengan Sandiaga Uno. Gustika menyampaikan keberataan atas pernyataan tersebut lewat akun Twitter pribadinya @Gustika.

Berdasarkan akun LinkedInya, Gustika diketahui merupakan lulusan jurusan War Studies di King's College London, Inggris. Sejak Juli 2018 hingga kini, dia menjadi salah satu mentor di Indonesian UN Intern Association (IUNIA).

sumber: kumparan.com

Editor: bt.