HETANEWS

Saat Jokowi Puji Para Menteri Wanita hingga Animator The Avengers

Presiden Joko Widodo (Foto: Dok. Twitter Setkab)

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran perempuan dalam pembangunan Indonesia. Jokowi menilai kiprah perempuan Indonesia tersebar di semua aspek.

Apresiasi terhadap para perempuan itu dibuktikan Jokowi dengan menempatkan sembilan menteri di kabinetnya. Jokowi mengatakan menteri perempuan yang ditunjuknya mempunyai ciri dan karakter yang berbeda-beda. 

"Saya buktikan, menteri di kabinet yang biasanya hanya tiga atau empat, setelah saya dilantik, ada sembilan menteri perempuan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pada pembukaan the International Young Muslim Women Forum 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (24/10/2018) malam.

Jokowi mencontohkan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang lemah lembut. Ada juga menteri yang dinilai galak, bahkan sampai menenggelamkan 343 kapal, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Apresiasi juga disampaikan Jokowi terhadap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Jokowi kemudian menyinggung Asian Games 2018. Dia menyebut 12 medali emas dari 31 medali emas yang diperoleh Indonesia didapat oleh para atlet perempuan.

"Saya sangat kagum dan bangga sekali pada 'spider-woman' dari Indonesia, Aries Susanti dan Puji Lestari, yang merayap di dinding begitu sangat cepatnya. Ada juga ratu wushu Asia Lindswell Kwok. Siapa yang berani dengan dia? Nggak ada. Inilah Lindswell Kwok," ujarnya.

Peran perempuan selanjutnya yang disebut Jokowi adalah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jokowi lalu menyebut sederet pejuang kemerdekaan, mulai Laksamana Malahayati, Dewi Sartika, Ibu Kartini, hingga Christina Martha Tiahahu. 

Jokowi juga memuji tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang menginspirasi, seperti Sinta Nuriyah Wahid, Butet Manurung, Mama Aleta Baun, Sri Rossyati, dan Sri Irianingsih.

"Inilah prestasi-prestasi yang kita harus, sekali lagi, harus berani memberikan kepercayaan kepada perempuan perempuan Indonesia, wanita-wanita Indonesia," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengaku baru tahu bahwa animator film-film Hollywood, 'The Avengers' dan 'Iron Man 3', berasal dari Indonesia. Jokowi mengaku bangga terhadap animator perempuan bernama Rini Sugiarto.

"Ini dari sini lo animatornya. Banyak yang tidak tahu. Saya sendiri juga baru tahu, baru saja tahu bahwa ternyata animatornya dari Indonesia," ujarnya. 

sumber: detik.com

Editor: bt.