HETANEWS.COM

Pemenang Tender Minta Penjelasan, Begini Tanggapan Kadis Lingkungan Hidup Sumut

Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumut di Jalan T. Daud, Medan. (foto/dvd)

Medan, hetanews.com - Persoalan proyek pembangunan Kantor UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba yang ditenderkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara tak kunjung selesai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Ir. Binsar Situmorang pun tak juga memberi penjelasan kepada publik terkait permasalahan tersebut. Padahal, pada salah satu media di Kota Medan, Binsar Situmorang mengatakan akan segera memberi penjelasan atas permasalahan proyek pembangunan kantor UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba yang menuai polemik.

Baca juga: DLH Sumut Tenderkan Proyek Bermasalah, Praktisi Hukum: Harus Digugat!

"Jadi intinya belum ada pembatalan secara resmi. Saya saat ini sedang melakukan pertemuan dengan delegasi Jepang. Jadi saya sedang di Jepang. Saya akan memberikan keterangan secara lengkap setelah tiba di Medan. Tentunya setelah melakukan pertemuan dengan PPTK. Jadi supaya tidak salah paham mengenai berita ini, saya akan memberikan keterangan setelah di Medan," jelas Binsar Situmorang seperti yang dimuat di salah satu media lokal Kota Medan, beberapa waktu lalu.

Namun, hingga berita ini naik tayang, Selasa (23/10/2018), Binsar Situmorang tak juga mengeluarkan penjelasan resmi terkait proyek yang dimenangkan PT. Zharifa Tetap Jaya (ZTJ) sesuai Surat Penetapan Pemenang Pelelangan Pekerjaan Konstruksi bernomor 02/TAP/POKJA043-PK/DLH-SU/2018 tertanggal 5 September 2018. Mirisnya, Binsar Situmorang menolak semua panggilan di nomor selulernya (08129176****).

Baca juga: DPRD: DLH Sumut Lakukan Pembohongan Publik

Ketika hetanews.com mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Senin (22/10/2018), salah seorang pegawai mengatakan Binsar Situmorang tidak berada di tempat. Meskipun di areal kantor tampak mobil dinas dan sopirnya.

Terpisah, pihak PT. ZTJ telah mengajukan permohonan penjelasan kepada Kadis Lingkungan Hidup Sumut terkait Surat Penunjukkan Penyedia /Jasa(SPPBJ) dari Dinas Lingkungan Hidup Provsu bernomor 2213.A./Dis.LH-SU/S/2018 tertanggal 13 September 2018 yang tak kunjung ditandatangani Binsar Situmorang.

Baca juga: Batalkan Proyek, Kadis LH Sumut Digugat Pemenang Tender

Pada surat bernomor 073/PT-ZTJ/X/2018 tanggal 22 Oktober 2018 tersebut meminta penjelasan terkait masa berlaku SPPBJ yang telah berakhir dan sudah lewat waktu lebih kurang 23 hari kalender. Namun, belum ada kelanjutan penandatanganan kontrak untuk pekerjaan tersebut. Sementara masa pelaksanaan pekerjaan semakin singkat.

Perlu diketahui, polemik proyek tersebut telah menuai kecaman dari anggota DPRD Sumut. Sekretaris Komisi D DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan, ST menyebut Binsar Situmorang telah melakukan pembohongan publik dengan menenderkan proyek yang belakangan diketahui berlokasi di atas lahan milik Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas).

Baca juga: Gubernur Sumut Diminta Evaluasi Kadis LH, DPRD: Ir. Binsar Situmorang Tidak Bermartabat

"Namanya sudah melakukan pembohongan publik. Ketika berani menayangkan di website berarti sudah siap perangkatnya, jenis pekerjaannya, tahu dimana mau dikerjakan. Tidak benar ini. Jadi ini bisa digugat oleh pemenang tender proyek tersebut," ucap Sutrisno kepada hetanews.com, beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi A DPRD Sumut, HM. Nezar Djoely, ST., pun mengecam kebijakan Binsar Situmorang yang terkesan hendak membatalkan hasil tender proyek tersebut dengan alasan tak masuk akal.

Baca juga: Hasil LPSE Batal untuk Rasionalisasi Anggaran? Kabiro Keuangan Pemprov Sumut Langkah Seribu

"Binsar Situmorang telah mencoreng nama baik gubernur yang saat ini menggelorakan semangat Pemerintahan Sumut yang bermartabat. Kacau dan sangat balau," tegas Nezar Djoely.

Penulis: david. Editor: anto.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan