HETANEWS

Ditanya Soal PKS Miliknya, Terduga Pemilik PT SBSJJ "Bungkam"

Screenshot konfirmasi wartawan kepada pria berinisial A, yang diduga sebagai pemilik Pabrik Kelapa Sawit PT SBSJJ.

Simalungun,hetanews.com- Terkait kontroversi keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sumber Bumi Sawit Jadi Jaya (SBSJJ) yang disebut berada di kawasan hutan negara, hingga hari ini, belum terjawab.

Pria berinisial A, yang belakangan diketahui sebagai pemilik PKS, bungkam saat tim liputan khusus hetanews.com mengajukan pertanyaan perihal PT SBSJJ yang berada di Huta IV, Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.

Dari informasi yang dikumpulkan, PT SBSJJ disinyalir melanggar ketentuan UU No 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan.

Bila benar ada "sepertiga" lahan PT SBSJJ berada di kawasan hutan negara, hal ini tentu jelas melanggar ketentuan pasal 50 ayat 3 huruf a dan b.

Konfirmasi pertama kepada A, dilayangkan melalui sambungan telepon seluler, namun tidak dijawab olehnya. Upaya konfirmasi dilanjutkan, melalui pesan singkat WhatsApp.

A saat itu terlihat langsung membaca pesan yang dilayangkan, saat wartawan memperkenalkan diri kepadanya. Namun, saat disinggung perihal PT SBSJJ, berikut 1 gambar peta yang diduga lokasi PKS, A terlihat langsung menutup aplikasi WhatsApp miliknya, dan tidak menjawab pertanyaan wartawan.

Baca juga: Dihadiri Ketua DPRD, PKS PT SBSJJ di Hatonduhan Diresmikan

Diberitakan sebelumnya, PT SBSJJ menjadi sorotan setelah adanya informasi, perihal pendirian PKS yang diduga bermasalah. Fakta lainnya, ada PKS lain, yakni PT Sawita Jaya Sejahtera (SJS) yang tengah mengalami permasalahan hukum.

PT SJS yang juga berada di wilayah administrasi Kecamatan Hatonduhan, baru-baru ini, diperiksa pihak Kejaksaan Negeri Simalungun, atas dugaan pelanggaran izin pendirian PKS.

Namun hingga saat ini, pihak Kejaksaan Simalungun belum dapat membuktikan dugaan pelanggaran tersebut.

Penulis: tim. Editor: gun.