HETANEWS

Akhir Pekan, Parapat Mulai Sepi Dikunjungi Wisatawan

Pelabuhan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Minggu (21/10/2018). (foto/gee)

Simalungun,hetanews.com- Objek Wisata Parapat semakin sepi dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Parapat yang dikenal sebagai salah satu tempat penyeberangan, menuju Pulau Samosir itu, belakangan ini tampak sepi.

Tentu hal itu menjadi perhatian para pengusaha wisata yang ada di Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, sekitarnya. Jumlah pengunjung di akhir pekan dirasakan sangat menurun dratis dari tahun tahun sebelumnya.

"Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, tamu-tamu (wisatawan) masih ramai datang ke Parapat. Biasanya kalau ramai tamu, kelihatan ada yang nyewa tikar, kapal atau speedboat. Jadi ramai kelihatan pantainya," kata R  Sitio, warga setempat, Minggu (21/10/2018).

Dia mengatakan, hal yang serupa juga terjadi di industri perhotelan di Parapat. Hotel berbintang atau penginapan kelas menengah sering kali tidak berpenghuni. Apalagi saat hari-hari biasa.

"Parapat ini kadang ramai pas hari hari besar. Lebaran, atau malam pergantian tahun. Selebihnya, beginilah keadaanya. Banyak pelaku wisata yang mulai mencari pekerjaan sampingan seperti bertani," ungkap pria ini berkulit hitam ini.

Di hari yang sama, pelabuhan Kapal Bermotor (KM) di Tiga Raja, jurusan Parapat- Pulau Samosir (Tomok/Tuktuk) tampak sepi. Biasanya, pelabuhan ini lalu lalang didatangi wisatawan yang hendak menyeberang ke pulau yang dijuluki Negeri Indah Kepingan Surga itu.

Penulis: gee. Editor: gun.