HETANEWS

Dua Terduga Teroris Tewas saat Merakit Bom di Tanjungbalai

Polisi saat berada di TKP. (foto/ferry)

Medan,hetanews.com- Petugas Densus 88 Mabes Polri, menembak mati dua pria terduga teroris dalam penyergapan yang dilakukan di Jalan Jumpul, Lingkungan IV, Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nbung, Kota Tanjungbalai, Kamis (18/10/2018).

Mereka adalah AN dan RI yang merupakan warga Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan. Keduanya berhasil dilumpuhkan berkat informasi masyarakat yang menemukan dan memberikan petunjuk kepada petugas mengenai keberadaan para pelaku. 

"Tersangka meninggal dunia pada saat dilakukan penindakan karena adanya perlawanan dengan menggunakan senjata api maupun senjata tajam," ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, saat memberikan keterangan di Polres Tanjungbalai, Jumat (19/10/2018) siang.

Dikatakan Agus, selain kedua pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni satu buah senjata api rakitan, satu selongsong peluru yang sudah diledakkan, 27 peluru sisa, kemudian senjata tajam, 1 buah pisau dan 5 box kontainer yang berisi bahan peledak. 

"Kemudian, saat dilakukan penggeledahan di kediaman pelaku, ditemukan 3 rompi dengan 7 kontainer yang berisi bahan peledak, paku, termasuk juga serbuk dan bahan-bahan untuk membuat bom rakitan," ujar Agus.

Jenderal bintang dua tersebut membeberkan, dua orang terduga teroris yang tewas ditembak terindikasi bagian dari anggota kelompok Syaiful, salah seorang terduga teroris lainnya yang tewas ditembak pada Mei 2018 lalu di Tanjungbalai.

"Mereka ini  jaringan Syaiful. Kelompok ini menjadikan sasaran peledakan di Mako Polri, vihara-vihara dan objek-objek lain yang menjadi sasaran," tukas Agus.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai menambahkan, status Kota Tanjungbalai sudah menjadi siaga satu antisipasi gangguan Kamtibmas. Begitupun, kata Irfan, kejadian tersebut tidak berdampak pada rangkaian kegiatan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2019.

Baca juga: Bom Milik Terduga Teroris Berhasil Diledakkan

Lihat Juga: 2 Orang Tewas Ditembak Polisi di Tanjungbalai, Ini Foto Lokasi Kejadian

Baca juga: Dua Orang Ditembak Mati Polisi di Tanjungbalai, Kasusnya masih Simpang Siur

Seperti yang diketahui, informasi di lapangan menyebutkan, dua pria diberondong peluru di kamar mandi salah satu rumah kontrakan, di lokasi kejadian. Saksi mata menuturkan, Kamis siang sekitar pukul 12.45 WIB, dia melihat seorang pria menggenggam pistol berhadapan dengan dua lelaki dengan pisau komando di tangan. 

Pria berpistol menyuruh kedua terduga menyerah dan angkat tangan dibarengi dua kali tembakan ke udara. Karena kedua terduga tidak menggubris, petugas mengarahkan tembakan ke kaki sebanyak empat kali hingga melukai satu dari mereka. Setelah tertembak, pria terluka dibopong temannya masuk ke salah satu rumah warga, sementara petugas bersenjata mencari bantuan.

Tidak berapa lama, puluhan orang bersebo menggunakan sepeda motor dan dua mobil minibus lalu lalang di sekitar penembakan. Sekitar pukul, 15.30 WIB terdengar rentetan tembakan dari arah TKP dan ternyata dua pria bersenjata pisau itu tertembak dan langsung dimasukkan ke mobil Toyota Rush warna silver.

Penulis: adr. Editor: gun.