Siantar, hetanews.com - Taman Hewan Pematangsiantar (THPS) mempunyai koleksi baru 4 ekor Harimau Benggala dari Bali Zoo. Demikian diungkapkan Pimpinan THPS, DR. H. Rahmat Shah kepada wartawan di Pematangsiantar, Jumat (19/10/2018).

Empat ekor Harimau Benggala itu bernama Roy, Khan, Dari dan Quin. Dengan demikian saat ini koleksi kucing besar di THPS menjadi 14 ekor. 

"Harimau tersebut merupakan hasil kerjasama pertukaran satwa dari Bali Zoo dengan THPS," jelas Rahmat Shah.

Menurut Rahmat Shah, tukar menukar satwa bertujuan untuk memajukan konservasi. Juga untuk menghindari terjadinya penumpukan hewan di Taman Hewan. Kebun Binatang Siantar yang juga merupakan lembaga konservasi pada tupoksinya bertujuan mengembangbiakkan satwa yang dilindungi. 

Oleh karena itu, Rahmat didampingi staf khusus THPS, Amin mengharapkan pemerintah turut membantu konservasi dalam pengurusan ijin (administrasi), terkait surat ijin jalan dan lainnya. Karena proses tukar menukar satwa antara Bali Zoo dan THPS ini sudah cukup lama.

Saat ini 4 harimau dalam proses karantina menunggu hasil pemeriksaan tim medis, usai melakukan perjalanan selama lebih kurang lima hari. Pantauan hetanews.com, kondisi keempat harimau dalam keadaan cukup baik.

Rahmat Shah berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Pematangsiantar dengan terus menambah koleksi Taman Hewan di Siantar. Juga terus membangun dan memperbaiki sarana dan prasaran baik untuk pengunjung maupun bagi koleksi hewan yang ada.

Seperti kandang singa dan harimau yang dibuat sedemikian rupa layaknya seperti alamnya (natural). Juga kandang terbuka bagi jenis primata dan beruang. Kandang dibuat dengan kaca transparan hingga pengunjung secara puas melihat hewan yang ada.

Rahmad juga berharap, sebagai LK, kebun binatang dapat memberikan edukasi dan rekreasi sebagai tempat hiburan yang layak, mendidik dan terjangkau. Saat ini Taman Hewan Siantar dihuni lebih dari 1.000 satwa dari 250 spesies.