HETANEWS

Bersiap! Kejurprov TI Sumut Piala Gubsu Digelar

Dua atlet taekwondo Sumut berlaga pada Kejurda TI Sumut 2017. (foto/rico)

Medan, hetanews.com - Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Sumatera Utara (Pengprov TI Sumut) siap menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) TI Sumut piala Gubernur Sumut.

Ketua Umum Pengprov TI Sumut, H. Musa Rajekshah M.Hum melalui Ketua Harian, Dr. Muhammad Rivai, M.Pd menjelaskan, kejuaraan yang akan digelar di GOR Cemara Asri, 18-20 November 2018.

"Tujuan kejuaraan ini sebagai ajang seleksi atlet baik di tingkat junior dan senior," ucap Muhammad Rivai usai rapat pembentukan panitia di Sekretariat Jln A Rivai, Medan, Selasa (16/10/2018).

Untuk tingkat junior, lanjutnya, Kejurprov akan menjadi seleksi sekaligus persiapan menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Cibubur, 14-16 Desember 2018. Sedangkan seleksi tingkat senior sebagai persiapan pemusatan latihan daerah (Pelatda) TI Sumut yang 
direncanakan Januari 2019.

"Hasil Kejurprov ini yang kita ambil untuk Pelatda dan dipersiapkan untuk memperkuat tim PON Sumut," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejurprov TI Sumut Piala Gubernur Sumut, Riza Usty Siregar menambahkan, kejuaraan tersebut akan diikuti atlet taekwondo yang ditunjuk oleh pengurus cabang (Pengcab) TI se-Sumut.

"Mereka akan berlaga di semua nomor Kejurnas yang kita lakukan di Kejurprov ini," tutur Riza.

Di kategori junior ada 10 kelas kyorugi putra dan putri tambah 1 kelas poomsae single putra/putri. Kategori junior adalah kelahiran 2001-2004 dan mengemban sabuk hijau. 

Sedangkan kategori senior ada delapan kelas kyorugi untuk putra dan putri ditambah lima kelas poomsae yaitu, individual (putra/i), peer dan beregu (putra/i). Kategori senior adalah kelahiran 1993-2000 dan sabuk biru.

Para pemenang akan memperebutkan tropi Gubernur Sumut (Juara Umum I), Wakil Gubernur Sumut/Ketua Pengprov TI Sumut (Juara Umum II) dan Ketua KONI Sumut (Juara Umum III).

"Kita berharap seluruh Pengcab TI se-Sumut dapat mempersiapkan atletnya untuk menghadapi Kejurprov TI Sumut Piala Gubernur Sumut ini. Dengan demikian dapat melahirkan atlet-atlet taekwondo Sumut berbakat menuju prestasi tiada henti," pungkas Riza.

Penulis: rico. Editor: anto.