HETANEWS

Wali Kota Tanjungbalai Apresiasi Penanaman 65.000 Pohon Mangrove oleh Jajaran Polda Sumut

Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial, bersama Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol IK. Suwardana, mewakili Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto dan Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai saat melakukan penanaman pohon mangrove, di Panton Desa Bagan Asahan, Dusun IV, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Senin (15/10/2018). (foto/ferry)

Tanjungbalai,hetanews.com- Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial, melakukan penanaman pohon mangrove, di Panton Desa Bagan Asahan, Dusun IV, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten  Asahan, Senin (15/10/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Tanjungbalai, bersama Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol IK. Suwardana, mewakili Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, Kaban Kesbang Asahan mewakili Pemkab Asahan, jajaran Pejabat Poldasu, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai,Wakapolres Asahan, Kompol Muhammad Taufik, Forkopimda Tanjungbalai, para Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungbalai dan Pemkab Asahan, Kerukunan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Tanjungbalai Asahan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol IK. Suwardana, mengatakan, bahwasanya penanaman serentak ini dilakukan di 5 kabupaten yang dilakukan bersama masyarakat nelayan dan petani.

Penanaman pohon mangrove serentak dilakukan di 5 daerah, yakni, Serdang Bedagai, Asahan, Langkat, Deliserdang dan Batubara.

"Saya ingin masyarakat memanfaatkan tanaman mangrove ini, dirawat karena akan berguna bagi kita dan alam," ucap IK Suwardana. 

Sebanyak 280 ribu tanaman mangrove, ditanam serentak. Penanaman ini dilakukan untuk menahan abrasi dan  mengembangbiakkan biota laut dan pencegahan dini terhadap tsunami.

Foto bersama disela - sela menanam pohon. (foto/ferry)

Sementara itu, Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial, mengatakan "Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan jajaran Polda Sumut ini. Saya yakin, seluruh masyarakat maupun relawan lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Asahan dan Kota Tanjungbalai memiliki semangat tinggi mendukung penanaman pohon magrove ini serta mewujudkan lingkungan yang hijau asri, dan sejuk," Ucapnya.

Ditambahkan lagi, penanaman pohon mangrove ini selain memberikan penyadaran dan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan, penanaman pohon mangrove ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menggantungkan hidupnya.

"Insya Allah, saya yakin dan percaya tujuan yang mulia ini akan membawa manfaat dan kebaikan bagi kita semua,"sebut Wali Kota Tanjungbalai.

Untuk daerah Desa Bagan Asahan sendiri, dilaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 5.000 pohon dan 1.000 tanaman keras  yang ditanam di lahan seluas kurang lebih 5 Ha. Selain Desa Bagan Asahan juga dilakukan penanaman 32.000 pohon, meliputi 30.000 pohon mangrove dan 2.000 pohon keras di Desa Sei Sembilang dengan luas area 30 Ha serta di Desa Sarang Elang ditanam 27.000 pohon meliputi 25.000 pohon mangrove dan 2.000 pohon ditanam di area seluas 25 Ha.

Penulis: ferry. Editor: gun.