HETANEWS

Wartawan Unit Pemko Tebingtinggi Dikukuhkan, Wali Kota: Jangan Terlibat dalam Penyebaran Berita-berita Hoax

Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan ketika mengukuhkan kepengurusan Wartawan Unit Pemko Tebingtinggi priode 2018-2021. (foto/rps)

Tebingtinggi,hetanews.com- Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, mengukuhkan kepengurusan wartawan unit Pemko Tebingtinggi, periode 2018-2021 yang mengambil tema ‘Membangun kemitraan yang harmonis antara wartawan dengan Pemerintah Kota Tebingtinggi’, Sabtu (13/10/2018) sore, di Gedung Hj Sawiyah, Jalan Sutomo Tebingtinggi.

Wali Kota, H Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa pekerjaan sebagai wartawan baik dari media cetak, elektronik maupun media online adalah sebuah pekerjaan yang bisa saja menyebabkan terjadinya percepatan ataupun perlambatan didalam hal pembangunan maupun informasinya. 

“Kita mengetahui saat ini bagaimana masyarakat sangat membutuhkan informasi yang akurat, cepat dan tidak cacat seperti berita bohong ataupun berita hoax. Dan saat ini perbuatan yang menyebarkan informasi bohong atau hoax itu bisa dituntut secara pidana karena ada undang-undangnya informasi dan tehnologi elektronik (ITE),” jelas Umar Zunaidi.

Menurut Umar Zunaidi Hasibuan, penyebaran berita-berita hoax tersebut juga bisa membuat masyarakat menjadi apatis dan sangsi tentang kebenaran isi dari suatu pemberitaan yang ditampilkan, sehingga mereka tidak yakin, apakah pemberitaan itu benar, bahkan selalu berasumsi bahwa berita benarpun dikira hoax.

Oleh karena itu, Wali Kota, H Umar Zunaidi, mengajak seluruh wartawan untuk bersama-sama bertekad dan bersatu padu bahwa wartawan unit Pemko Tebingtinggi tidak akan terlibat dalam pemberitaan-pemberitaan hoax, apalagi menyangkut unsur sara yang bisa merusak sendi-sendi didalam bernegara dan berbangsa.

“Hal itu bisa merapuhkan kita sebagai anak bangsa dan bisa mengikis persatuan serta kesatuan bangsa. Maka dari itu, berita-berita hoax tidak perlu untuk diberitakan. Saya meminta wartawan unit Pemko Tebingtinggi jangan terlibat dalam penyebaran berita-berita hoax,”tegas Wali Kota.

Foto bersama usai acara pengukuhan wartawan unit Pemko Tebingtinggi. (foto/rps)

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota juga mengatakan, bahwa kedepan seluruh wartawan unit Pemko Tebingtinggi harus memiliki jaminan kesehatan maupun ketenagakerjaan (BPJS) melalui Bagian Adm Humas PP Kota Tebingtinggi.

“Kepada pengurus dan seluruh anggota wartawan unit Pemko Tebingtinggi periode 2018-2021, saya mengucapkan selamat bekerja, semoga dengan semangat yang ada pada diri kita semua dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Unit Wartawan Pemko Tebingtinggi, Ali Yustono, mengucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Tebingtinggi yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepadanya untuk memimpin wadah kewartawanan tersebut.

Ali juga menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota, H Umar Zunaidi Hasibuan yang selama ini telah banyak memberikan perhatian serta dukungan kepada wartawan khususnya yang bertugas di lingkungan Pemko Tebingtinggi.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kapolres Tebingtinggi, Plt Sekdako, H Marapusuk Siregar, para pimpinan OPD se Kota Tebingtinggi, Ketua PWI, Abdullah Sani Hasibuan, Kordinator IJTI Catur Hariono, Ketua Komnas WI, Riduan Siahaan, pengurus Jurnalis Online Club (JOC) dan seluruh anggota wartawan unit Pemko Tebingtinggi.

Adapun pengurus wartawan unit Pemko Tebingtinggi, periode 2018-2021 yang dikukuhkan, antara lain, Ketua Ali Yustono, Sekretaris Muhammad Sopian dan Bendahara Ronald Pasaribu.

Penulis: rps. Editor: gun.