HETANEWS

Sempat Terhenti, Pembukaan Jalan Batu Mardinding Kini Dilanjutkan

Kadis PUPRA, Jhonson Pasaribu, didampingi Asisten II Pemerintahan, terjun ke lokasi pengerjaan pembukaan jalan Batu Mardinding, Sabtu (13/10/2018). (Fito/Rachmat Tinton)

Humbahas,hetanews.com- Sempat terhenti, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), akhirnya melanjutkan proses pembukaan Jalan Batu Mardinding, pasca dikeluhkan beberapa warga. 

Warga sempat mengeluh karena proses pengerjaan jalan itu sempat tertunda tanpa ada kejelasan. Imbasnya,  masyarakat menjadi sangat kewalahan kala melewati jalan tersebut.

Tak main-main, di sejumlah badan tampak terlihat lobang-lobang menganga karena digerus air hujan yang senantiasa siap menanti korban. Juga permukaan jalan yang tampak bak bubur karena licin, menjadi petaka bagi setiap orang yang melaluinya.

Namun hal itu sepertinya tak akan berlangsung lama. Pasalnya, setelah diberitakan hetanews.com, kemarin, pihak Pemkab Humbahas langsung tanggap. 

Seperti diutarakan Kabag Protokoler, Lampos Purba, proses pembukaan jalan penghubung Kecamatan Pollung dengan Kecamatan Baktiraja ini,  terhitung sejak Sabtu (13/10/2018) sudah kembali dilanjutkan.

"Pemkab Humbahas melalui Dinas PUPRA sudah menurunkan kembali alat berat ke lokasi. Bupati setelah mengetahui hal itu langsung memerintahkan Dinas PUPRA untuk melanjutkan pembukaan jalan tersebut,"kata Lampos. 

Menurut Lampos, proses pengerjaan jalan tersebut akan terus dilanjutkan hingga selesai. Jika tidak dilanjutkan, sejumlah warga yang selama ini menggunakan jalan tersebut  akan terganggu melakukan aktivitasnya. Karena sangat banyak warga untuk menuju ladangnya harus menggunakan jalan tersebut. Dan tentu mereka bakal kehilangan mata pencaharian jika akses jalan mereka tak bisa dipergunakan. 

Baca juga: Pembukaan Jalan Batu Mardinding Dihentikan Tanpa Alasan Jelas, Warga: Wajar Kami Marah

Dalam proses dilanjutkannya kembali pembukaan jalan itu,  kata Lampos,  Kepala Dinas PUPRA, Jhonson Pasaribu, dan Asisten II Pemerintahan, Lamhot Hutasoit, langsung turun ke lokasi. "Mereka meninjau langsung ke lokasi. Dan memastikan kalau proyek tersebut tidak akan dihentikan lagi hingga tuntas,"tutur  Lampos. 

Untuk diketahui, Kepala Seksi Peralatan, Pengujian, dan Laboratorium Dinas PUPRA, Gypson Panjaitan, sebelumnya mengatakan,  jalan yang bakal dibuka tersebut merupakan akses pendukung destinasi pariwisata di Humbahas.

Dan termasuk pemulus rencana pembangunan Taman Bunga Nasional, di perbukitan Danau Toba Pollung. Jalan yang dibuka nantinya ada sepanjang 3 km dengan lebar 7 hingga 8 meter. Dan pada akhir tahun ini, direncanakan sudah diaspal atau setidaknya  dilakukan jalan pengerasan.

Penulis: rachmat. Editor: gun.